PKS: Angka Kematian COVID-19 di Indonesia Lebih Tinggi dari Dunia karena Buruknya Penanganan Pandemi

Artikel PKS: Angka Kematian COVID-19 di Indonesia Lebih Tinggi dari Dunia karena Buruknya Penanganan Pandemi di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi COVID-19 (Pixabay)

JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut angka kematian akibat COVID-19 di Indonesia lebih tinggi dari angka dunia diakibatkan buruknya penanganan pandemi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim COVID-19 Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani Aher menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo soal angka kematian masih tinggi di Indonesia.

Netty mengatakan, penilaian ini muncul karena hingga saat ini Indonesia masih mengalami krisis dokter hingga kekurangan ruang isolasi dan ruang Intensive Care Unit (ICU) untuk merawat pasien COVID-19.

"Kondisi tersebut terjadi karena sistem kesehatan kita buruk dalam penanganan pandemi. Kalau penanganan pandemi kita bagus, kita tidak akan mengalami krisis dokter, kekurangan APD, kekurangan ruang isolasi dan ICU serta tidak akan terjadi lonjakan kasus yang eksponansial setelah satu semester bergulat dengan pandemi," kata Netty dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Selasa, 29 September.

Dia juga menyebut, ketika negara lain bersiap menghadapi gelombang lanjutan pandemi COVID-19 ini, Indonesia malah terus berjibaku mengantisipasi gelombang pertama. Bukan hanya itu, Netty juga menyinggung saat ini kurva penyebaran virus di Indonesia juga belum mengalami pelandaian secara signifikan.

Sehingga, ke depan, dirinya menyebut ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh Presiden Jokowi dan jajarannya. Pertama, pemerintah harus menahan laju pandemi secara langsung dengan mencegah munculnya klaster baru. 

"Harus ada upaya keras untuk memutus mata rantai penularan di perkantoran, angkutan publik, pasar dan pusat perbelanjaan, asrama sekolah atau kampus, pertemuan-pertemuan dan rumah sakit. Bahkan, perkantoran pemerintah menjadi penyumbang angka kasus paling banyak di DKI.  Pastikan tempat-tempat publik  tersebut steril dan semua orang mematuhi protokol kesehatan. Jika perlu gunakan TNI Polri untuk menjaga ketertiban di sana," jelasnya.

 

Terimakasih sudah membaca artikel PKS: Angka Kematian COVID-19 di Indonesia Lebih Tinggi dari Dunia karena Buruknya Penanganan Pandemi Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.