Bakal Tetap Ada, Virus Korona Bisa jadi Endemis Tahunan

Artikel Bakal Tetap Ada, Virus Korona Bisa jadi Endemis Tahunan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Virus Korona diprediksi akan menjadi endemis seperti virus flu tahunan. Sementara itu, vaksin tetap terus diperjuangkan untuk mengatasi lonjakan kasus baru.

Kepala Penasihat Ilmiah Inggris Patrick Vallance mengatakan beberapa vaksin potensial sedang dalam uji klinis tahap akhir. Namun, dia menilai mungkin tidak ada yang bisa memberantas virus.

“Gagasan untuk memberantas Covid-19 dari mana saja tidak benar, karena akan muncul kembali,” ungkap Vallance seperti dilansir dari CNBC.

“Hanya ada satu penyakit manusia yang benar-benar diberantas berkat vaksin yang sangat efektif dan itu adalah cacar,” tambahnya.

Vallance menilai kemungkinan penyakit ini akan menyebar dan menjadi endemis. “Itulah penilaian terbaik saya,” kata Vallance mengatakan kepada Komite Strategi Keamanan Nasional di London.

Namun, dia tetap mendukung vaksinasi akan mengurangi kemungkinan infeksi dan tingkat keparahan penyakit. Kemudian nantinya virus Korona mulai terlihat lebih seperti flu tahunan. Apalagi membuat vaksin menurutnya butuh waktu lama. Dan tak pernah kurang dari 5 tahun.

“Secara historis, membuat vaksin dari awal membutuhkan waktu rata-rata 10 tahun,” kata Vallance.

Meski ada 8 vaksin yang sedang diuji, namun vaksin tersebut dikatakannya belum bisa dipastikan sampai berapa lama daya kebalnya. “Entah berapa lama akan melindungi,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa sejumlah vaksin menciptakan respons kekebalan dan respons antibodi. Berdasar itu, hanya uji klinis fase III yang akan membuktikan apakah benar-benar vaksin akan menghentikan orang terinfeksi virus Korona.

Saksikan video menarik berikut ini:

Terimakasih sudah membaca artikel Bakal Tetap Ada, Virus Korona Bisa jadi Endemis Tahunan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.