Hari Pertama Libur Panjang, Rest Area di Tol Jadi Simpul Kemacetan

Artikel Hari Pertama Libur Panjang, Rest Area di Tol Jadi Simpul Kemacetan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Hari pertama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama ditandai dengan kemacetan di jalan tol. Kepadatan di akses keluar Jakarta, terutama di jalan tol Cikampek, terjadi sejak kemarin pagi (28/10). Beberapa simpul kemacetan adalah Km 48 yang merupakan pertemuan dengan jalan tol Jakarta–Cikampek Elevated dan Km 50 dekat rest area.

Pada pukul 08.45, Jasa Marga atas diskresi kepolisian memberlakukan contraflow sejak Km 47 hingga Km 61 arah Cikampek. Contraflow dihentikan pada pukul 14.25 karena kepadatan mulai mencair.

General Manager RO 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati menuturkan, volume kendaraan di gerbang tol Cikampek Utama terpantau lancar meski terdapat kepadatan. ”Terdapat antrean tiga sampai empat kendaraan dengan jumlah gardu tol yang beroperasi maksimal,” jelas Widiyatmiko.

Berdasar catatan Jasa Marga, sekitar 147 ribu kendaraan tercatat sudah meninggalkan Jakarta. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa gerbang tol (GT) barrier/utama. Yaitu, GT Cikupa untuk lalin arah barat menuju Merak, GT Ciawi untuk lalin arah selatan menuju Bandung, serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama untuk lalin arah timur menuju Jawa Tengah.

Mayoritas kendaraan atau 49,48 persen bergerak menuju arah timur; 28,38 persen menuju arah barat; dan 22,14 persen menuju arah selatan. ”Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 26,4 persen jika dibandingkan dengan lalin normal,” terang Widiyatmiko.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, rest area menjadi salah satu titik kemacetan. Misalnya, di Km 57 tol Cikampek. Karena itu, rest area tersebut ditutup. ”Kami menyarankan agar masyarakat tidak mampir terlalu lama di rest area,” tutur Budi.

Kemenhub telah melakukan sejumlah upaya antisipasi kepadatan, termasuk mencegah peningkatan laju penularan Covid-19. Kemenhub memetakan tiga titik yang diprediksi mengalami kepadatan. Yakni, di tol arah ke timur, penyeberangan Merak–Bakauheni, dan bandara.

Menhub meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. ”Kemenhub bakal mengecek secara acak simpul-simpul transportasi seperti terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara,” ungkapnya.

Saksikan video menarik berikut: 

 

Terimakasih sudah membaca artikel Hari Pertama Libur Panjang, Rest Area di Tol Jadi Simpul Kemacetan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.