Kenali Dampak Positif dan Negatif Olahraga Malam Hari

Artikel Kenali Dampak Positif dan Negatif Olahraga Malam Hari di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi foto olahraga malam (Li Sun/Pexels)

JAKARTA - Di masa pandemi seperti ini, olahraga tampaknya telah menjadi rutinitas baru yang dilakukan dalam upaya menjaga tubuh agar tetap sehat. Saat aktivitas sudah hampir normal, olahraga malam pun kerap menjadi pilihan segelintir orang.

Waktu yang lebih luang, tidak terburu-buru diganggu pekerjaan atau kegiatan lain, jadi alasan utama mereka lebih menyukai olahraga malam. Lalu, apa dampak positif negatif olahraga malam hari?

Pertama, olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan menstimulasi sistem syaraf agar bekerja lebih baik. Dengan kata lain, tubuh Anda akan lebih aktif setelah selesai berolahraga.

Jika dilakukan malam hari sebelum tidur, tentu Anda akan mengalami interrupted sleep atau gangguan tidur sebab otak mengirim sinyal ke badan untuk tetap bergerak.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berolahraga 2 jam sebelum tidur agar kualitas tidur tetap terjaga.

Kedua, jangan memforsir gerakan olahraga berat pada malam hari. Jangan sesekali membuat janji latihan CrossFit atau HIIT pada jam 9 malam. Sebaiknya lakukan Yoga dengan beberapa gerakan ringan agar tidur malam tetap optimal.

Ketiga, olahraga yang dilakukan pada malam hari merupakan saluran yang baik untuk melepas stres dan penat dari ketegangan pikiran atau pekerjaan yang dilakukan di siang hari.

Olahraga membuat pikiran jadi lebih jernih. Selain itu, karena dilakukan pada malam hari Anda bisa lebih fokus dan relaks saat berolahraga.

Keempat, olahraga malam hari dapat menurunkan risiko cedera karena otot dan sendi jadi 20 persen lebih fleksibel saat sore atau malam dibandingkan pagi hari.

Kelima, selain hal positif negatif yang sudah diungkapkan pada poin-poin sebelumnya, rupanya olahraga malam membuat diri jadi lebih sulit disiplin mematuhi jadwal olahraga malam dibandingkan pagi hari.  

Rasa lelah setelah berkegiatan, mengantuk, dan tergiur melanjutkan tontonan film series sambil bersantai sering jadi alasan utama terlewatnya olahraga di malam hari. Karena itu, dibutuhkan tekad, kemauan, serta tujuan yang kuat agar Anda dapat tetap konsisten melakukan olahraga malam.

Itulah dampak positif dan negatif berolahraga pada malam hari. Pada akhirnya, bisa dikembalikan ke diri sendiri mana yang lebih efektik untuk dipraktekkan. Yang penting, jangan pernah lewatkan olahraga jika ingin tubuh tetap bugar.

Buat dan perlakukan jadwal olahraga layaknya sebuah janji penting dengan klien atau orang-orang tersayang. Bisa juga buat hukuman kecil-kecilan antara Anda dengan diri sendiri jika melewati satu hari olahraga, untuk tetap menjaga konsistensi diri dan melatih tanggung jawab.

Terimakasih sudah membaca artikel Kenali Dampak Positif dan Negatif Olahraga Malam Hari Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.