UKDC Informatika Siap Cetak SDM Unggul Indonesia

Artikel UKDC Informatika Siap Cetak SDM Unggul Indonesia di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Dalam revolusi industri 4.0, bidang informatika menjadi salah satu kebutuhan yang dicari di dunia kerja. Hal ini akan berdampak dalam perkembangan teknologi penyampaian informasi, khususnya dalam untuk menangani informasi-informasi yang cukup masif saat ini.

Sebagai contoh, perkembangan teknologi yang saat ini sangat cepat dapat dilihat dari tingginya penjualan smartphone di Indonesia. Di mana smartphone yang dijual selalu muncul tipe-tipe baru dalam kurun 3-6 bulan sekali dengan fitur dan teknologi yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Dengan teknologi yang baru, tentu sistem operasi di smartphone akan mengikuti untuk mendukung teknologi yang ada. Karena tidak mungkin teknologi canggih tetapi sistem yang digunakan masih jadul.

Terkait hal tersebut, Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC), sebagai universitas yang telah lama berdiri di Surabaya, memahami kebutuhan akan SDM yang bisa mendukung perkembangan teknologi dan pembuatan sistem informasi yang tepat guna dengan mendirikan Program Studi (Prodi) Ilmu Informatika pada tahun 2019 dengan slogan ‘Leading Through Technology’.

Prodi tersebut menjawab tantangan yang ada dengan disiapkan 4 konsentrasi untuk menjamin kualitas dari para lulusan untuk siap dalam menghadapi dunia kerja di kemudian hari. Konsentrasi-konsentrasi yang disiapkan, yakni Computer Science, Enterprise System, Computer Networking, dan Software Engineering. Untuk memahami keempat konsentrasi yang ada diprodi Ilmu Informatika UKDC dapat dilihat melalui website informatika.ukdc.ac.id.

Salah satu hal yang menjadi roadmap penelitian dari prodi ini adalah terkait dengan sistem informasi, karena prodi Ilmu Informatika UKDC menyadari bahwa saat ini dunia sedang memasuki masa di mana teknologi berkembang dengan cepat. Semua informasi dari segala penjuru dunia kita dapatkan dengan sangat cepat. Arus informasi ini menghasilkan sangat banyak data atau biasa kita sebut dengan Big Data.

Data menjadi salah satu bahan baku yang perlu diolah dengan baik agar menghasilkan suatu keputusan baik bagi pemerintahan, penyedia e-commerce, bank, bidang pendidikan hingga wirausahawan. Akan tetapi, permasalahan yang terjadi adalah kemampuan untuk mengelola data serta tenaga ahlinya.

Contoh, di tengah masa pandemi pemerintah memberikan bantuan kepada masing-masing daerah, namun dikarenakan ketidakpastian mengenai data penerima bantuan pemerintah, maka bantuan sosial (bansos) dari pemerintah terkendala.

Mengenai baik buruknya vaksin, penyebaran vaksin sertacsiapa saja yang butuh vaksin belum jelas betul kepada masyarakat. Dapat dilihat bahwa hambatan dalam pemberian bantuan sosial dan isu kesehatan bisa menjadi masalah yang besar dikarenakan data yang ada tidak terintegrasi dengan baik dan keterbatasan infrastruktur teknologi. Selain itu ketidaksiapan SDM dalam mengelola data, menyebabkan data bansos pemerintah menjadi kurang valid dan dapat berpotensi menjadi masalah.

Untuk mengatasi hal itu, prodi ini memiliki kegiatan-kegiatan yang memberikan informasi tentang pentingnya pengetahuan atau pemahaman tentang cara mengelola data. Informasi ini diadakan melalui webinar yang dibuka secara umum kepada semua orang terutama generasi muda, sehingga penggunaan teknologi data di masa depan di Indonesia dapat lebih optimal.

Kegiatan webinar ini bekerjasama dengan e-commerce asal Korea di mana praktisi ahli yang menjadi narasumber memberikan materi tentang pengenalan teknologi data, implementasi teknologi data di kehidupan nyata dan cara mengelola teknologi data untuk dapat menghasilkan keputusan yang berdampak. Kegiatan ini bukan webinar biasa yang hanya satu arah, tetapi juga dilengkapi workshop, setiap peserta langsung dapat mencoba bagaimana menjadi seorang data scientist melalui sesi praktek.

Di sesi praktek, nantinya semua peserta dapat langsung mempraktekkan cara mengolah data dengan dibimbing langsung oleh pemateri. Kemudian di sela-sela acara diadakan pembagian hadiah untuk dapat tetap menjaga antusias dari peserta dalam mengikuti acara yang sedang berlangsung. Untuk dapat mengikuti webinar-webinar yang diadakan oleh prodi Ilmu Informatika UKDC, dapat mem-follow Instagram Ilmu Informatika UKDC di @IFDARMACENDIKA.

Prodi Ilmu Informatika juga memiliki channel Youtube yang berisi tentang kegiatan-kegiatan prodi Ilmu Informatika UKDC, bisa disubscribe channel Ilmu Informatika di Youtube adalah DC Informatics. Salah satu content yang ada di Youtube Prodi Ilmu Informatika adalah mahasiswa memberikan tutor melalui video. Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa bisa belajar juga menjadi pengajar yang baik dan bisa berbagi ilmu dengan penonton di youtube prodi.

Dengan latar belakang mahasiswa yang berbagai macam, maka prodi Ilmu Informatika pun berusaha untuk menjadi wadah yang positif untuk perkembangan mahasiswa di prodi Ilmu Informatika. Di channel Youtube DC Informatics dapat dilihat hasil karya mahasiswa Informatika semester 2 yang telah menghasilkan program permainan yang cukup menarik untuk dimainkan.

Kehadiran Prodi Ilmu Informatika di UKDC memiliki visi dan misi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki semangat leadership yang tinggi dalam teknologi dan sistem informasi didukung dengan materi dan tugas yang diberikan dalam perkuliahan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai prodi Ilmu Informatika UKDC dapat menghubungi nomor: 0823-2883-4886 dan dapat mengunjungi website prodi Ilmu Informatika di informatika.ukdc.ac.id.

Bagi yang ingin mengikuti kegiatan-kegiatan prodi Ilmu Informatika UKDC dapat juga mengikuti akun medsos prodi di Youtube (DC Informatics) dan Instagram (IFDarmaCendika) agar tidak ketinggalan informasi menarik yang akan kami adakan. Salam sehat dan tetap semangat.

Terimakasih sudah membaca artikel UKDC Informatika Siap Cetak SDM Unggul Indonesia Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.