Puluhan Orang Tewas, Belasan Juta Lain Terancam Suhu Dingin dan Kontaminasi Air di Texas

Artikel Puluhan Orang Tewas, Belasan Juta Lain Terancam Suhu Dingin dan Kontaminasi Air di Texas di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi foto (Jonny Mcnee/Unsplash)

JAKARTA - Musim dingin ekstrem melanda Amerika Serikat (AS). 60 orang tewas, di antaranya akibat keracunan karbon monoksida ketika mereka menjalankan mobil atau menyalakan generator di dalam ruangan untuk menjaga suhu tetap hangat. Krisis air bersih juga membuat situasi makin mematikan.

Texas jadi salah satu negara bagian yang paling parah terdampak. Hingga beriita ini ditulis, Minggu, 21 Februari, sudah tercatat 24 orang tewas. Pejabat lokal memerkirakan jumlah ini sangat mungkin bertambah,

Badai musim dingin berpotensi menerjang Texas, di mana ada 13 juta orang atau hampir separuh penduduk Negara Bagian itu terancam kekurangan pasokan air bersih. Otoritas sempat memberi instruksi agar warga merebus pasokan air yang tersisa sebelum mengonsumsinya.

Akses air bersih berkurang drastis karena sistem penyulingan air rusak di tengah cuaca dingin yang bersejarah ini. Selain Texas, pekan ini layanan air bersih di beberapa negara bagian di sisi selatan AS yang dilanda badai salju dan es juga dihentikan.

Ada WNI

Telah dikonfirmasi bahwa warga negara Indonesia (WNI) termasuk dari jutaan orang yang terdampak musim dingin ekstrem di Texas. Meski listrik sudah menyala, sebelumnya mereka harus hidup di dalam kegelapan dengan memasang lilin.

Dilansir BBC, Minggu, 21 Februari, musim dingin ekstrem juga memutus aliran air di Kota Jackson, Mississippi. Kota ini dihuni sekitar 150 ribu orang. Hal yang sama terjadi di Tennessee, wilayah dengan penduduk 651 ribu jiwa.

Penduduk di bagian selatan AS, yang pipa air bersihnya membeku kini terpaksa merebus salju untuk mendapat air layak konsumsi. Wilayah selatan AS ini sangat jarang diserang suhu dingin ekstrem.

Apa yang terjadi di Texas?

Jaringan energi di Texas kewalahan karena melonjaknya kebutuhan pemanas. Suhu di Texas sempat tercatat turun hingga -18 derajat celcius pada awal pekan ini.

Angka itu merupakan suhu paling rendah di Texas dalam 30 tahun terakhir. Sampai Jumat, 19 Februari, 180 ribu rumah dan pertokoan di Texas belum dialiri listrik.

Sebelumnya, 3,3 juta orang di Texas menghadapi pemadaman listrik. Hampir setengah dari penduduk atau sekitar 13 juta orang menghadapi gangguan layanan air bersih.

Pekan ini ratusan sistem air rusak akibat pembekuan. Austin, ibu kota Texas, kehilangan 325 juta galon atau 1,2 miliar liter air bersih saat pipa-pipa air pecah.

Centers for Disease Control and Prevention telah mengeluarkan instruksi agar warga merebus semua air sebelum dikonsumsi. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari konsumsi air yang terkontaminasi.

 

BERNAS Lainnya
Terimakasih sudah membaca artikel Puluhan Orang Tewas, Belasan Juta Lain Terancam Suhu Dingin dan Kontaminasi Air di Texas Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.