Ini 7 Cara Mendeteksi Aplikasi Palsu di App Store dan Play Store

Artikel Ini 7 Cara Mendeteksi Aplikasi Palsu di App Store dan Play Store di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Hati-hati, banyak aplikasi palsu beredar di app store dan play store. (foto: James Yarema/unsplash)

JAKARTA - Bagaimana Anda bisa menemukan aplikasi palsu di Google Play atau App Store Apple? Kami menaruh sejumlah besar data pribadi pada perangkat seperti iPhone, Samsung Galaxy, dan iPad, sehingga pemikiran bahwa perangkat lunak berbahaya dapat memperoleh akses adalah hal yang meresahkan.

Jika Anda beruntung, aplikasi palsu hanya dapat merusak ponsel Anda. Jika tidak, aplikasi palsu dapat merusak kehidupan pribadi Anda.

Tapi Anda tidak harus menjadi korban. Ini relatif mudah dikenali, jadi inilah yang perlu Anda ketahui dan apa yang harus diwaspadai.

1. Tetap berpegang pada Toko Aplikasi Resmi iOS Apple iTunes store

Ini adalah tindakan pencegahan dasar, tetapi satu pengguna pasti harus mengingatnya. Toko resmi menilai semua aplikasi sebelum membuatnya tersedia secara luas. Setelah pemeriksaan otomatis, peninjauan lebih lanjut dilakukan oleh manusia nyata yang menggali kode dasar aplikasi untuk membedakan sifat aslinya. Garis pertahanan pertama Anda disediakan oleh Google dan Apple.

Perangkat lunak palsu masih dapat ditemukan, mungkin karena banyaknya ulasan yang terdapat dalam keterangannya. 

2. Lihat Ulasan Aplikasi

 Anda harus melakukan ini untuk semua yang Anda unduh. Anda mungkin sudah akrab dengan WhatsApp atau Netflix, misalnya. Itu tidak berarti aplikasi yang mengaku sebagai WhatsApp dan Netflix adalah asli.

Faktanya, scammers menargetkan nama-nama paling terkenal dengan harapan lebih banyak orang akan jatuh cinta padanya. Itu sebabnya Anda perlu memeriksa ulasan yang terkait dengan aplikasi. Jika ada yang tidak beres, bisa dipastikan banyak yang akan mengeluh.

3. Periksa Deskripsi Aplikasi

 Tata bahasa dan tanda baca yang buruk adalah tanda pasti bahwa ada sesuatu yang tidak profesional. Ini berlaku untuk aplikasi seperti halnya situs web dan email: perusahaan besar mempekerjakan copywriter untuk mengerjakan retorika. Mereka tidak terburu-buru memberikan deskripsi yang penuh dengan kesalahan, tidak peduli seberapa tertarik mereka untuk membuat produk mereka online.

Jika ada sedikit deskripsi, ini juga merupakan tanda bahwa pengembang tidak berdedikasi pada aplikasi mereka seperti yang Anda yakini. Demikian pula mengapa ulasan palsu singkat. Banyak penjahat dunia maya tidak akan repot-repot menulis banyak teks ketika banyak orang akan tertipu oleh logo yang menarik.

4. Cari Pengembang

 Anda harus selalu memeriksa siapa pengembangnya. Ini harus mudah dikenali: mereka selalu terdaftar langsung di bawah judul aplikasi. Cukuplah untuk mengatakan, dalam hal ini, itu harus membaca "Facebook, Inc." di perangkat Apple atau "Facebook" melalui Google Play.

Tentu saja, nama-nama besar menonjol, tetapi Anda harus lebih waspada saat mengunduh produk dari pengembang yang tidak Anda kenal.

5. Kunjungi Situs Web Pengembang Aplikasi

Hal yang baik tentang mengunjungi situs web resmi adalah Anda mengurangi kemungkinan mengunduh versi palsu sama sekali. Apple menyertakan tautan dalam deskripsinya, tetapi hindari tautan tersebut jika itu mengarah pada penipuan serupa. Sebaliknya, cari secara mandiri.

Secara alami, Anda perlu mencari tanda-tanda bahwa itu adalah situs yang aman. Khususnya, periksa sertifikat SSL, yang berarti alamat "HTTPS". Ini menunjukkan koneksi terenkripsi antara perangkat Anda dan server pengembang. Jika Anda menggunakan Chrome, itu menunjukkan bahwa Google memercayai situs tersebut, jadi itu adalah taruhan yang adil bahwa itu asli.

6. Cari Tangkapan Layar Piksel

 Perhatikan hasil pencarian Anda karena Anda mungkin akan melihat serangkaian aplikasi menggunakan gambar unggulan yang sama. Beberapa penjahat dunia maya tidak akan repot-repot meluangkan waktu untuk menyempurnakan produk palsu mereka. Mereka hanya akan mencuri konten dari orang lain.

Tidak semua aplikasi palsu akan memiliki gambar yang cerdik, tentu saja, tetapi jika Anda menemukannya, itu adalah indikator yang jelas.

7. Periksa Nomor Instalasi

Lihat jumlah unduhan yang dimiliki aplikasi. Ini akan menjadi perkiraan kasar, tetapi Anda tetap dapat menyimpulkan apakah itu produk asli atau tidak. Jadi, versi mana yang menurut Anda lebih dapat dipercaya: versi dengan 1.000.000.000+ unduhan? Atau versi diinstal sekitar 1.000 kali?

Sayangnya, ini tidak berfungsi secara menyeluruh. Apple menolak untuk membagikan informasi tentang nomor unduhan, jadi tip ini hanya untuk siapa saja yang mengunjungi Google Play. Lebih menyebalkan lagi, terserah kepada masing-masing perusahaan untuk setuju mempublikasikan nomor instalasi, jadi tidak semua aplikasi menampilkan detail seperti itu.

Apa yang Dapat Anda Lakukan Jika Anda Melihat Aplikasi Palsu?

Jika Anda berpikiran komunitas (dan itu demi kepentingan terbaik Anda), Anda harus melaporkan semua pemalsuan yang Anda temukan di toko aplikasi.

Di Google Play, buka bagian bawah deskripsi dan klik Tandai sebagai tidak pantas. Dari sana, Anda akan diminta untuk memberi tahu Google mengapa menurut Anda itu mencurigakan. Apple membuat proses ini sedikit lebih sulit: Anda harus menuju ke halaman Laporkan Masalah dan masuk menggunakan ID Apple Anda.

Terimakasih sudah membaca artikel Ini 7 Cara Mendeteksi Aplikasi Palsu di App Store dan Play Store Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.