Apple Buat Fitur yang Bisa Mengatur Warisan Digital Penggunanya Setelah Meninggal

Artikel Apple Buat Fitur yang Bisa Mengatur Warisan Digital Penggunanya Setelah Meninggal di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Apple Buat Fitur yang Bisa Mengatur Warisan Digital Penggunanya Setelah Meninggal (TechExplore)

YOGYAKARTA - Apple merupakan perusahaan teknologi yang memproduksi berbagai macam smartphone dan komputer. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut dikenal dengan keamanan data digital dari penggunanya.

Di banyak kasus, data digital yang ditinggalkan oleh pemilik smartphone Apple atau perangkat lainnya, tidak dapat diakses oleh anggota keluarga demi menjaga privasi pemilik, terutama jika keluarga tersebut tidak memiliki akses ke akun iCloud.

Untuk mengatasi masalah tersebut Apple telah membuat program khusus di iCloud yakni Legacy Contact. Program tersebut memungkinkan pemilik akun memberi izin kepada anggota keluarganya untuk mengakses akun digital yang pernah dimiliki.

Pengguna pun dapat menyebutkan hingga 5 orang yang diizinkan untuk melihat data digital penggunanya, seperti akun media sosial yang tersimpan di ruang penyimpanan dan data lainnya.

Untuk menggunakan program tersebut, pengguna dapat mengupdate sistem operasi iPhone Anda ke versi iOS 15.2, dan Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini untuk memberi akses kepada anggota keluarga, setelah pengguna meninggal.

Cara Mengatur Legacy Contact di iCloud

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk mengatur data digital Anda supaya dapat diakses oleh anggota keluarga setelah Anda meninggal, pengguna dapat mengupdate sistem operasi smartphone Anda ke iOS 15.2.

Selanjutnya, Anda dapat masuk ke akun iCloud dan masuk ke menu Pengaturan. Klik menu profil yang terletak di bagian atas halaman utama iCloud Anda.

Setelah itu, pilih menu Password & Security. Untuk melanjutkan proses pengaturan warisan data digital Anda, pengguna dapat memilih menu Legacy Contact.

Setelah masuk ke halaman tersebut, pengguna dapat menambahkan nama orang yang dapat mengakses data digital Anda setelah pengguna sudah wafat, dan tidak ada yang mengetahui akses ke data digital Anda.

Selain memasukkan orang yang dapat menerima warisan data digital, pengguna juga dapat melihat kontak yang sudah mencantumkan nama dan kontak Anda sebagai pewaris dari data digital orang lain, pada menu yang sama.

Pada bagian selanjutnya, Akan muncul menu pop-up yang berisi pertanyaan apakah Anda yakin memasukkan nama dan kontak yang bisa mengakses data digital pengguna setelah Anda meninggal.

Klik tambahkan Legacy Contact, jika Anda sudah yakin dengan nama dan kontak yang Anda daftarkan. Nantinya, orang yang diberi akses ke akun Anda harus memiliki kunci akses dan sertifikat kematian Anda.

Jika kontak yang Anda beri izin mengakses data digital Anda juga menggunakan perangkat iPhone dengan sistem operasi iOS 15.2, maka secara otomatis kunci akses akan tersimpan di ruang penyimpanan mereka.

Sementara jika tidak, maka orang tersebut harus Anda beri tahu kunci akses ke akun Anda, sehingga dia bisa masuk ke akun Anda dan menunjukkan surat kematian Anda supaya bisa melihat data pengguna melalui Legacy Contact.

Terimakasih sudah membaca artikel Apple Buat Fitur yang Bisa Mengatur Warisan Digital Penggunanya Setelah Meninggal Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.