Hubble Tangkap Galaksi Spiral yang Memiliki Lengan Bintang-bintang

Artikel Hubble Tangkap Galaksi Spiral yang Memiliki Lengan Bintang-bintang di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Teleskop Hubble menangkap data dalam panjang gelombang yang berbeda. (foto: Dok. European Space Agency (ESA)

JAKARTA - Teleskop Luar Angkasa Hubble minggu ini menangkap galaksi sangat cantik dikelilingi oleh bintang bersinar, yang dikenal sebagai Mrk (Markarian) 1337.

Galaksi Mrk 1337 ini merupakan jenis galaksi spiral dengan batang yang lemah. Letaknya sendiri 120 juta tahun cahaya di konstelasi Virgo.

Galaksi ini mirip dengan Bima Sakti yang memiliki lengan berupa bintang-bintang menjulur dari pusat galaksi yang sibuk, untuk membentuk spiral. Selain itu, kesamaannya dengan Bima Sakti juga debu dan gasnya melahirkan bintang-bintang baru di wilayah memanjang di pusat galaksi.

“Kamera Wide Field Camera 3 Hubble memotret Mrk 1337 pada rentang panjang gelombang ultraviolet, tampak, dan inframerah yang luas, menghasilkan gambar yang sangat detail ini,” ungkap European Space Agency (ESA) seperti dikutip dari Digital Trends, Senin, 6 Desember.

Dengan Hubble menangkap data dalam panjang gelombang yang berbeda, para ilmuwan dapat melihat berbagai fitur galaksi. Misalnya, seperti melihat panjang gelombang inframerah di teleskop dapat terlihat panas dan mengidentifikasi area gambar pada bagian galaksi mana yang lebih hangat daripada yang lain.

Melihat pada panjang gelombang ultraviolet, Hubble dapat melihat iluminasi objek yang lebih panas seperti bintang yang sangat muda.

Selain itu, para astronom juga dapat menggabungkan pengamatan dari panjang gelombang cahaya tampak, ultraviolet, atau inframerah untuk mengambil fitur yang berbeda dan mendapatkan tampilan keseluruhan yang lebih rinci pada suatu objek, dan kali ini adalah galaksi spiral yang indah itu.

 

Terimakasih sudah membaca artikel Hubble Tangkap Galaksi Spiral yang Memiliki Lengan Bintang-bintang Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.