Kaleidoskop 2021: Booming NFT, Ini Deretan Non-Fungible Token Paling Populer Sepanjang Tahun Ini

Artikel Kaleidoskop 2021: Booming NFT, Ini Deretan Non-Fungible Token Paling Populer Sepanjang Tahun Ini di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
6 Proyek NFT paling populer di tahun 2021 (NFT Now)

JAKARTA – Popularitas non-fungible token (NFT) selama tahun 2021 ini mengalami pertumbuhan yang mencengangkan. NFT telah mengubah wajah seni kontemporer hari ini. Meledaknya seni digital berbasis blockchain tersebut ditandai dengan terjualnya karya Mike Winkelmann (Beeple) yang berjudul The First 5.000 Days seharga 69 juta dolar AS di rumah lelang terkenal di London, Sotheby’s.

Popularitas NFT kian meroket setelah setelah Facebook mengganti nama perusahaan menjadi Meta yang berfokus pada pengembangan dunia virtual metaverse. Dengan hadirnya metaverse, segala item di sana akan menggunakan koleksi NFT. Tidah hanya itu, NFT juga mulai digunakan dalam berbagai game play to earn atau GameFi.

Dilansir dari CoinMarketCap Alexandria, tidak semua koleksi NFT semahal karya Beeple yang terjual pada awal tahun 2021 lalu. Namun harga koleksi NFT termurah mulai meroket pada tahun 2021 ini. Contohnya, Crypto Punks yang pada tahun 2020 diperdagangkan pada kisaran 600 hingga 3.500 dolar AS. Pada 2021, NFT Crypto Punks diperdagangkan antara 480.000 dolar AS hingga 1,25 juta dolar AS.

Berdasarkan laporan nftpricefloor.com, harga dasar dua koleksi NFT paling penting yakni Crypto Punks dan Bored Ape Yacht Club adalah 65 ETH dan 54 ETH. Dua koleki tersebut menyumbang volume penjualan lebih dari 100 juta dolar AS pada tahun 2021. Meski volume penjualan NFT sempat mengalami penurunan pada musim panas lalu, koleksi paling populer cenderung mempertahankan nilainya.

Berikut ini koleksi NFT yang paling populer di sepanjang tahun 2021 yang harus diketahui:

1. Crypto Punks

Crypto Punks diluncurkan oleh Larva Labs pada tahun 2017. CryptoPunks merupakan koleksi NFT di blockchain Ethereum. Proyek ini diluncurkan pada Juni 2017. Pengembangnya, Larva Labs hanya meliki tim dua orang yang terdiri dari pengembang perangkat lunak Kanada Matt Hall dan John Watkinson. Koleksi NFT ini dijual di marketplace Opensea.io.

Menurut keterangan yang tercantum di Opensea, CryptoPunks diluncurkan sebanyak 10.000 item pada pertengahan 2017 dan menjadi salah satu inspirasi untuk standar ERC-721. Mereka telah dipamerkan di tempat-tempat seperti The New York Times, Christie's of London, Art|Basel Miami, dan The PBS NewsHour.

2. The Bored Ape Yacht Club

The Bored Ape Yacht Club adalah koleksi NFT yang terdiri dari 10.000 kera unik yang diluncurkan pada Mei 2021 dengan harga 0,08 ETH per NFT. Tim berhasil membangun komunitas yang sangat berdedikasi dengan Discord aktif yang menarik beberapa nama besar. Dua spin-off dari aslinya, Bored Ape Kennel Club, di mana kera menerima hadiah anjing peliharaan secara gratis, dan Mutant Ape Yacht Club, kumpulan kera bermutasi, juga berhasil, meskipun tidak sebanyak aslinya.

3. Meebits

Meebits merupakan karakter voxel 3D unik yang berjumlah 20.000, dibuat oleh algoritme generatif khusus, kemudian didaftarkan di blockchain Ethereum. Meebit diluncurkan pada saat yang sama dengan peluncuran Crypto Punks dan awalnya mendapat sedikit hambatan karena setengah dari koleksi jatuh ke tangan pemegang Crypto Punk. Namun, karakter voxel 3D yang unik bertahan dengan baik, meskipun harga dasar mereka adalah 2,6 ETH jauh di bawah harga tertingginya.

4. Nouns

Menurut laman resmi nouns.wtf, koleksi Nouns merupakan upaya untuk meningkatkan pembentukan komunitas avatar on-chain, dengan setiap avatar sama langkanya.

Setiap hari, satu avatar dilelang. Dengan demikian, kelangkaan dibangun ke dalam proyek dengan desain. Nouns mungkin merupakan proyek NFT yang paling tidak biasa dan hampir tidak menghasilkan volume perdagangan, juga karena harga dasarnya berada di 55 ETH yang lumayan.

5. Loot

Loot merupakan proyek yang menghasilkan sensasi luar biasa selama peluncurannya pada bulan September lalu. Tidak seperti kebanyakan koleksi NFT lainnya, ini bukan koleksi PFP, tetapi token berbasis teks yang dapat Anda buat di sekitar apa pun yang Anda inginkan. Ambiguitas dan kesederhanaan yang disengaja ini diterima dengan baik di komunitas crypto. Segera, sebuah komunitas terbentuk di sekitar proyek dan mulai membangun utilitas di sekitar token berbasis teks.

6. Mekaverse

Mekaverse hampir kebalikan dari Loot, karena itu mungkin peluncuran NFT yang paling dinanti-nantikan, menghasilkan sejumlah besar hype di run-up. 120.000 orang mencoba mencetak salah satu robot, yang mengarah ke harga dasar 5 ETH yang sangat sehat segera setelah peluncuran. Namun, seperti yang sering terjadi, hype akhirnya tidak sesuai dengan harapan, dan Mekaverse mengalami penurunan yang cukup brutal ke harga dasar 0,69 ETH pada saat penulisan.

Demikian 6 proyek NFT paling populer sepanjang tahun 2021 sebagaimana dirangkum dari CoinMarketCap Alexandria dan berbagai sumber lainnya. Meroketnya popularitas NFT juga dibarengi dengan masuknya artis-artis papan atas dan sejumlah perusahaan besar ke industri seni digital.

Terimakasih sudah membaca artikel Kaleidoskop 2021: Booming NFT, Ini Deretan Non-Fungible Token Paling Populer Sepanjang Tahun Ini Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.