Luncurkan Fitur Voice Over, Tokopedia Permudah Difabel Gunakan Aplikasi

Artikel Luncurkan Fitur Voice Over, Tokopedia Permudah Difabel Gunakan Aplikasi di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Tokopedia baru saja merilis fitur Voice Over . (foto: Tokopedia)

JAKARTA - Tokopedia baru saja merilis fitur Voice Over yang memudahkan para difabel, khususnya tunanetra untuk menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan mereka.

“Lewat fitur ini Tokopedia bisa menjadi platform yang mempermudah lebih banyak masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk rekan-rekan difabel,” ungkap Engineering Manager Tokopedia sekaligus pengembang fitur Voice Over, Ferico Samuel dalam konferensi pers virtual, Jumat, 3 Desember.

Dijelaskan Ferico, kehadiran fitur Voice Over juga melibatkan para difabel dalam pengujian fitur ini, di mana mereka juga yang menguji bagaimana kualitas dari fitur tersebut.

"Kami lakukan awal pengujian sekitar Februari awal tahun ini, kita melakukan riset, uji coba konten terus-menerus, bertukar pikiran dengan tim UX Writer, hingga kami mencobanya sendiri dengan menutup mata. Dan pada akhirnya mengundang rekan difabel untuk menguji fitur ini," ujar Ferico.

"Kita minta mereka cobain, jelaskan apa yang kurangnya sudah oke belum sih, nah menurut rekan-rekan difabel yang lebih baik tuh bagaimana, prosesnya cukup panjang dan terus-menerus," imbuhnya.

Oleh karena itu, hadir pula pengguna tunanetra Tokopedia, Maria Hardono mengatakan, "Fitur Voice Over Tokopedia membantu saya dalam proses belanja daring. Saya bisa mendengarkan review produk dari pembeli lain, berbelanja dengan e-wallet dan mengikuti berbagai promo serta live shopping," kata Maria.

Saat ini, fitur Voice Over sudah bisa diakses melalui sistem iOS dan akan terus dikembangkan ke segala jenis sistem ponsel, termasuk Android beberapa waktu mendatang.

"Kita datangkan ini ke pengguna Apple dahulu karena memang perusahaan teknologi tersebut sudah memiliki fitur Voice Over di dalamnya, pada Siri khususnya. Untuk pengguna Android, tunggu tanggal mainnya," tutup Ferico.

Terimakasih sudah membaca artikel Luncurkan Fitur Voice Over, Tokopedia Permudah Difabel Gunakan Aplikasi Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.