Makin Banyak yang Mirip TikTok, Kali Ini Giliran Spotify

Artikel Makin Banyak yang Mirip TikTok, Kali Ini Giliran Spotify di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Sempat diolok-olok saat pertama kemunculannya beberapa tahun lalu, aplikasi yang menyediakan fitur berbagi video pendek, TikTok, kini jadi trend setter. Hal tersebut ditunjukan dengan saat ini banyak aplikasi serupa meniru TikTok dengan fitur berbagi video pendek dengan latar musik.

Paling kentara adalah Instagram dengan Instagram Reels-nya. Yang baru lagi, ada Spotify yang dilaporkan sedang menguji fitur mirip dengan yang dimiliki TikTok.

Spotify, sebagaimana dilansir dari Engadget dikatakan sedang menguji feed vertikal seperti TikTok untuk menemukan musik baru. Fitur baru yang sedang dijajal ini disebut dengan Discover yang memungkinkan pengguna menggulir feed video vertikal dan melewati atau menyukainya, seperti yang ada di TikTok.

Fitur ini terlihat di versi terbaru dari Spotify iOS TestFlight build oleh Chris Messina. Melalui akun Twitter pribadinya, dirinya membagikan unggagan terkait fitur baru mirip TikTok yang sedang dijajal Spotify itu dan muncul sebagai ikon keempat di toolbar iOS Spotify.

Tak benar-benar mirip TikTok, fitur baru Discover di Spotify tampaknya akan menjadi cara baru bagi pengguna untuk menemukan musik baru dengan cara yang intuitif dan lebih cepat. Caranya, itu tadi, dengan menggeser ke atas dan ke bawah untuk menelusuri feed dan menemukan musik yang pengguna cari.

Pengguna dapat mengetuk hati untuk menyukai lagu tersebut, atau menekan menu tiga titik untuk membuka dan menelusuri informasi standar Spotify tentang lagu tersebut. “Formatnya mungkin menggunakan format Kanvas Spotify,” ujar Messina.

Selain buat pengguna, fitur baru ini juga akan memudahkan artis si pemilik lagu dan memungkinkan artis untuk membuat video agar sesuai dengan lagu, bukan hanya gambar statis, dan muncul di lagu tertentu alih-alih sampul album standar saat Anda memutar video.

Mereka bisa dalam bentuk video standar dan media campuran, bersama dengan grafik 2D dan 3D. Dalam meluncurkan fitur tersebut, Spotify memberi tahu artis bahwa Canvas meningkatkan metrik keterlibatan utama seperti berbagi, menambahkan ke daftar putar, dan mengunjungi halaman profil.

Sementara dikutip dari TechCrunch, Spotify sudah mengonfirmasi bahwa mereka memang benar sedang menguji fitur tersebut, tetapi menolak untuk membagikan detail lebih lanjut seperti bagaimana ia akan mengkurasi feed.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami,” kata juru bicara Spotify. “Beberapa dari tes tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan yang lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting. Kami tidak memiliki berita lebih lanjut untuk dibagikan saat ini,” lanjutnya.

Spotify bukan platform pertama yang meniru TikTok. Reels dari Instagram dan YouTube Shorts adalah tiruan virtual TikTok, dan bahkan Netflix baru-baru ini memperkenalkan feed komedi mirip TikTok yang disebut Fast Laughs.

Belum jelas apakah fitur Discover dari Spotify akan keluar dari versi beta, tetapi sepertinya cara tersebut berguna untuk menemukan musik baru lebih ringkas dan intuitif.

Terimakasih sudah membaca artikel Makin Banyak yang Mirip TikTok, Kali Ini Giliran Spotify Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.