Ribuan Pengunjung Padati KBS Selama Liburan Natal

Artikel Ribuan Pengunjung Padati KBS Selama Liburan Natal di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Selama liburan natal pada Sabtu (25/12) dan Minggu (26/12), sebanyak 2.500–4.900 pengunjung memadati Kebun Binatang Surabaya (KBS). Pihak KBS memprediksi, puncak pengunjung pada libur tahun baru.

Lonjakan pengunjung KBS mulai terjadi Jumat (24/12). Yakni terdapat 2.500 pengunjung. Sedangkan pada Natal (25/12) naik sampai 4.900 pengunjung. Kenaikan tersebut tidak lain karena bertepatan pada hari libur.

Humas KBS Agus Supangkat menuturkan, puncak pengunjung diperkirakan pada tahun baru. Yakni diprediksi sampai kurang lebih lima ribu pengunjung. Prediksi itu mengacu jumlah pengunjung beberapa hari ini.

”Kemarin (26/12), perkiraannya ya empat ribuan pengunjung,” ucap Agus.

Puncak pengunjung KBS, menurut Agus, sama seperti tahun kemarin yakni saat liburan tahun baru pada Jumat (31/12). Tahun lalu pada puncaknya terdapat 4.000 pengunjung.

Beberapa antisipasi dilakukan KBS. Seperti menerjunkan 80 personel satgas mandiri. Tugasnya memastikan tidak ada pelanggaran prokes.

Selain itu, anggota Satpol PP, Linmas, dan intansi lai juga diterjunkan di KBS. Mereka menjaga keamanan dan mencegah pelanggaran prokes.

Menurut Agus, 80 peronel satgas mandiri disebar di beberapa titik. Khususnya yang rawan kerumunan. Pengunjung juga diminta mematuhi aturan. Salah satunya wajib minimal satu kali vaksinasi Covid-19.

”Kalau tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi ya membawa bukti surat vaksinasi,” terang Agus.

Meski begitu, dua wahana masih ditutup. Salah satunya wahana tunggang gajah. Beberapa wahana juga disiapkan bagi pengunjung. Seperti aquarium, tunggang unta, dan wisata air. Termasuk feeding time.

”Kolam renang dan tunggang gajah masih ditutup. Selain untuk mencegah penularan Covid-19. Juga sedang dilakukan sterilisasi. Khususnya di area kandang gajah,” terang Agus.

Agus menjelaskan, setelah kematian Dumbo area kandang gajah disterilkan dari pengunjung. Akses menuju area tersebut juga ditutup. Selain yang berkepentingan dilarang masuk.

”100 meter dari kandang gajah disterilkan, saya saja tidak bisa masuk,” tutur Agus.

Sterilisasi itu untuk mengisolasi lima gajah. Termasuk Gonzales, Gajah KBS yang paling muda berusia 11 tahun.

Hal itu guna mencegah penularan virus Elephant Endotheliotropic Herpesviruses (EEHV). Mengingat Dumbo mati diduga kuat terpapar virus tersebut.

Agus menambahkan, masih menunggu tim BKSDA Jatim terkait pembukaan wahana tunggang gajah. Jika kajian sudah keluar, kandang Gajah akan dibuka lagi untuk umum.

Terimakasih sudah membaca artikel Ribuan Pengunjung Padati KBS Selama Liburan Natal Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.