Sensasi Menjajal All New Xenia, Andal dan Bertenaga di Tanjakan

Artikel Sensasi Menjajal All New Xenia, Andal dan Bertenaga di Tanjakan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Daihatsu All New Xenia yang diluncurkan pada 11 November 2021 bisa dibilang sangat berbeda dengan pendahulunya. Hal itu sudah terlihat dari tampilan eksterior yang tak lagi muncul “wajah” model lama. Selain itu, sisi interior juga mengalami perubahan signifikan dengan sejumlah teknologi yang disematkan.

Hanya saja, perubahan besar yang dilakukan Daihatsu pada Xenia terbaru adalah sistem penggerak. Dari sistem gerak roda belakang (RWD) menjadi sistem penggerak roda depan (FWD). Secara umum, mobil dengan sistem penggerak roda belakang andal di jalan menanjak. Daihatsu sendiri mengklaim bahwa sistem penggerak roda depan tetap andal di tanjakan dan tetap nyaman. Tentu saja sebelum memutuskan untuk mengubah sistem penggerak, Daihatsu telah melakukan sejumlah survei dan menunjukkan sistem FWD tetap andal melibas tanjakan.

JawaPos.com turut membuktikan bahwa All New Xenia dengan sistem FWD andal dan bertenaga saat melibas tanjakan. Hal itu setelah Daihatsu bersama jurnalis, termasuk JawaPos.com, menjajal kenyamanan berkendara Daihatu All New Xenia bermesin 1.3L, dan 1.5L dengan varian ADS (Astra Daihatsu Styling), yang berlangsung pada 1-2 Desember 2021 bertempat di Jawa Tengah.

Test drive All New Xenia bersama jurnalis dimulai dari Bandara YIA di Kulon Progo pada Rabu (1/12) pagi. Rute pertama menuju Jogosimo, Kebumen. Selama perjalanan sejauh kurang lebih 57 kilometer yang didominasi trek lurus, driver dan penumpang terasa nyaman. All New Xenia memiliki kabin dan bagasi yang luas, serta panel instrumen yang didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara, dan dilengkapi dengan tampilan head unit bertipe floating yang modern.

Persiapan sebelum test drive (Edy Pramana/JawaPos.com)

Mesin bertenaga dan responsif. Sementara, handling dan manuver lebih baik. Kemudi dan kopling lebih enteng sehingga membuat berkendara nyaman dan tak mudah lelah. Visibilitas juga lebih lega karena desain dasbor “mewah”.

JawaPos.com menjajal unit 1.3R MT atau transmisi manual. Selain trek lurus, juga melewati jalanan yang berlubang dan rusak. Di sini terbukti bahwa sistem penggerak roda depan memiliki sejumlah keunggulan. Noise di dalam kabin menjadi berkurang dan getaran juga sangat halus ketika melewati jalan berlubang ataupun rusak. Hal itu juga tak lepas dari suspensi yang makin mumpuni.

Dengan bodi yang lebih lebar dan panjang serta tinggi yang dikurangi, membuat mobil saat kecepatan tinggi tidak terasa limbung.

Jalan rusak dan berlubang dilewati saat menuju Jogosimo, Kebumen. Daihatsu sekaligus meresmikan konservasi penyu dalam membuktikan komitmen dan tanggung jawab sosial atau CSR (Corporate Social Responsibility), salah satunya adalah pilar Hijau Bersama Daihatsu yang diwujudkan melalui pelestarian lingkungan di bidang keanekaragaman hayati.

All New Xenia tetap nyaman melewati jalan rusak (Edy Pramana/JawaPos.com)

Secara total, Daihatsu telah mendukung 7 lokasi konservasi penyu yang berada di Pulau Pramuka yang bertempat di Taman Nasional Kepulauan Seribu yang diresmikan pada 2013; Perancak, Bali (2013); Batu hiu, Pangandaran (2015); Pasir Jambak, Padang (2017); Pantai Binasi, Sibolga (2019); Alun utara, Bengkulu (2020); dan Jogosimo, Kebumen (2021).

Setelah meresmikan konservasi penyu di Jogosimo, Daihatsu bersama jurnalis menuju destinasi kedua untuk menikmati santap siang di pantai Petanahan sambil menikmati sejuknya angin pantai selatan, yang berlokasi tak jauh dari area konservasi.

Kemudian, perjalanan menuju destinasi ketiga, yaitu ke SMK Muhammadiyah Kutowinangun, yang berjarak tak lebih dari 30 kilometer untuk meresmikan fasilitas Daihatsu Skill School Center sebagai sarana pendukung aktivitas belajar-mengajar bagi para guru dan siswa di sekolah tersebut. Aktivitas peresmian ini sejalan dengan program CSR Daihatsu, yakni pilar Pintar Bersama Daihatsu.

Setelah itu, Daihatsu bersama tim melanjutkan perjalanan panjang menuju destinasi ketiga, yaitu Semarang sejauh kurang lebih berjarak 180 kilometer dari Kebumen. Selama perjalanan agak jauh tersebut dengan medan jalan aspal yang kadang lurus, dan berliku, serta naik-turun, mobil Low MPV berkapasitas 7 penumpang ini memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Tak hanya itu, dengan adanya 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi sofa mode semakin memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Dalam hal fitur keselamatan, All New Xenia juga dibekali dengan teknologi ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag yang membuat penggunanya semakin aman, nyaman, dan nyaman saat berkendara.

All New Xenia tetap nyaman melewati jalan rusak (Edy Pramana/JawaPos.com)

Memasuki wilayah Magelang, test drive melalui jalanan menanjak dan berliku untuk menuju Semarang. Dan, JawaPos.com membuktikan bahwa All New Xenia andal dalam melibas tanjakan dan tenaga juga lebih baik. Selain itu, ketika melibas jalanan menurun dan berliku, pengendalian juga lebih halus dan tak limbung.

Tiba di destinasi, Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, menegaskan bahwa test drive dilakukan agar jurnalis bisa merasakan dan membuktikan kinerja sistem penggerak roda depan. “Kuat tidak menanjak? Perkembangan teknologi selalu ada. Dengan hasil riset, mesin penggerak roda depan tetap andal saat menanjak, baik secara langsung atau stop and go. Dengan kemiringan 18 derajat bisa. Test drive dilakukan untuk ikut membuktikan,” sebut Hendrayadi.

“Lantas, manfaat lain dari FWD salah satunya efisiensi bahan bakar, kabin lebih lega, dan perawatan lebih mudah,” imbuhnya.

“Melalui kesempatan test drive ini, Daihatsu All New Xenia telah terbukti nyaman, dan memiliki performa yang andal. Daihatsu berharap, All New Xenia dapat diterima oleh para keluarga di Indonesia sesuai tagline-nya, Xenia Sahabat Keluarga, dan menjadi suksesor sebagai kendaraan Low MPV pilihan utama yang berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Jajaran unit Daihatsu All New Xenia dalam test drive (JawaPos.com)

All New Xenia juga secara tampilan tampak menggunakan bahasa desain terbaru Daihatsu. Grille-nya berukuran besar, gegas, namun terpisah bagian atas dan bawah. All New Xenia punya dua tipe mesin yakni 1.500 cc dan 1.300 cc yang dapat dengan mudah dibedakan. Pasalnya, untuk tipe 1.5 ini, di bagian depan akan terlihat ada garis merah yang memanjang dari headlamp ke headlamp.

Selain itu, untuk yang tipe ADS, juga diberikan lower skirt berwarna hitam doff yang membuat tampilannya menjadi sporty. Daihatsu juga menyematkan lampu full LED yang desainnya sipit. Sedangkan untuk lampu kabutnya berbentuk lingkaran dan masih mengandalkan bohlam halogen warna kuning.

All New Xenia lebih panjang dimensinya ketimbang model terdahulunya. Di atas kertas, Xenia terbaru ini panjangnya 4.395 mm atau lebih panjang sekitar 20,5 cm dari yang lama. Lebarnya pun melebar, namun tak signifikan.

All New Xenia punya lebar 1.730 mm atau lebih lebar sekitar 7 cm. Dan tingginya berkurang 4 cm, menjadi 1.655 mm. Lalu untuk urusan jarak sumbu roda pun kini memanjang sekitar 9,5 cm menjadi 2.750 mm dan ground clearance atau jarak ke tanahnya meningkat sedikit menjadi 205 mm.

Di area samping, sama seperti depannya, tak tampak lagi garis desain Xenia yang lama. Kini Xenia hadir dengan tarikan garis baru yang lebih “berotot”. Model jendela belakangnya juga dibuat tajam, mengesankan desain yang lebih sporty ketimbang Xenia generasi sebelumnya. Di dalam kabin, All New Xenia khususnya model 1.5 R CVT ASA ADS juga tampil jauh beda dari model lawas. Lebih sporty dengan AC, kisi AC, headunit, setir yang tampak lebih modern dengan sentuhan digital.

Xenia tipe tertinggi kini juga tak pelit fitur dengan sudah punya fitur keselamatan ASA, sehingga fitur keselematannya jadi kian kompleks dan dibekali radar atau stereo camera di kaca depannya.

Mirip dengan ASA di Rocky, ASA di All New Xenia juga meliputi enam fitur keselamatan berkendara, yaitu Pre Collision Waring, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Depature Alert, Lane Depature Warning dan Lane Depature Prevention.

Terimakasih sudah membaca artikel Sensasi Menjajal All New Xenia, Andal dan Bertenaga di Tanjakan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.