Google Luncurkan Fitur yang Bisa Hubungkan Android dengan Windows PC

Artikel Google Luncurkan Fitur yang Bisa Hubungkan Android dengan Windows PC di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Fast Pair, fitur dari Google untuk menjadikan ponsel Android dan Windows PC saling terhubung. (foto: Dok. Google Developers)

JAKARTA - Google kini memiliki fitur untuk menjadikan ponsel Android dan Windows PC saling terhubung, dengan Fast Pair.

Para pengguna bisa menyelesaikan lebih banyak hal melalui kedua perangkat tersebut. Diperkenalkan di acara IoT bergengsi, CES 2022, Google menjelaskan sejumlah peningkatan tentang bagaimana perangkat Android dapat terhubung ke ekosistem produk teknologi yang lebih besar.

Fast Pair sebenarnya sudah digunakan dan dirancang lebih dahulu untuk membantu mengatur aksesori Bluetooth dengan perangkat Android. Namun sekarang, dengan dukungan untuk Chromebook dan Windows, pengguna dapat menyinkronkan pesan teks dari perangkat Android dan bahkan berbagi file dengan Nearby Share antara Android dan Windows.

Layanan Fast Pair Google mengandalkan Bluetooth Low Energy untuk membantu perangkat Android menemukan Bluetooth terdekat untuk terhubung. Google menyatakan Fast Pair tidak memerlukan konsumsi masa pakai baterai ponsel yang berlebih. Fitur itu juga dapat digunakan di perangkat milik Acer, HP, dan Intel.

“(Fast Pair) memungkinkan pengaturan instan dan pemasangan perangkat, membuka aplikasi pendamping untuk instalasi dan mentransfer kredensial Google Anda,” ungkap Google seperti dikutip dari Digital Trends, Kamis, 6 Januari.

“Kami melanjutkan pekerjaan kami dengan mitra untuk lebih memperluas fungsionalitas Fast Pair di luar konektivitas audio dengan perangkat yang dapat dikenakan, headphone, speaker dan mobil dan memperluasnya ke TV dan perangkat rumah pintar, sehingga Anda dapat langsung mulai menggunakan semua perangkat dalam hidup Anda," imbuhnya.

Lebih lanjut, Dell juga memiliki fitur yang sama yakni Dell Mobile Connect adalah solusi serupa untuk Microsoft's Your Phone, meskipun eksklusif untuk konsumen XPS, Alienware, dan PC Inspiron. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi yang sama dengan fitur Your Phone di Windows 10 dan Windows 11, tetapi juga berfungsi dengan iPhone.

Dalam kondisi saat ini, Ponsel Anda tidak mengizinkan sinkronisasi teks dan foto dengan iPhone. Sebaliknya, itu hanya memungkinkan pengguna mengirim halaman web antara perangkat iOS dan perangkat Windows.

Sayangnya, Google tidak menjelaskan apakah fitur Fast Pair akan datang untuk iOS. Fitur baru ini akan menjadi cara lain untuk menjadi produktif di Windows, karena peluncuran Windows 11 menghadirkan fitur-fitur seperti Snap Groups, Widgets, dan bahkan integrasi dengan Microsoft Teams.

Terimakasih sudah membaca artikel Google Luncurkan Fitur yang Bisa Hubungkan Android dengan Windows PC Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.