Ini Dia Daftar 10 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Terjual Rp1,3 Triliun!

Artikel Ini Dia Daftar 10 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Terjual Rp1,3 Triliun! di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Dari The Merge sampai Save Thousands of Lives, inilah daftar 10 NFT termahal di dunia. (Binance)

JAKARTA - Non-fungible Token (NFT) termahal di dunia tidak selamanya berbentuk foto. Kenyataannya, dalam daftar terbaru 10 NFT termahal yang pernah terjual tahun 2022 ini, aset tersebut berbentuk karya seni digital yang sangat unik. Karya seni digital ini memiliki keunikan layaknya karya seni pada umumnya. Bedanya, NFT hanya berbentuk digital yang berarti hanya dapat diakses di Internet.

Banyak pemberitaan yang menyebut tahun 2021 menjadi tahun kejayaan kripto (cryptocurrency) dan jaringan blockchain yang digunakannya. Pasalnya, aset kripto mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan ahun-tahun sebelumnya.

Salah satu hal yang menarik perhatian khalayak adalah bangkitnya NFT. Karya seni digital ini sebenarnya mulai menarik perhatian pada 2017, saat gim CryptoKitties diluncurkan. Namun, tren NFT baru mencapai puncaknya pada tahun 2021 lalu.

Di Indonesia sendiri, ada nama Ghozali Everyday yang menjual foto selfie-nya selama lima tahun dalam bentuk NFT. Pemuda tersebut meraup miliaran rupiah berkat bisnisnya tersebut. Tetapi, NFT Ghozali ini bukanlah karya seni digital yang termahal di dunia.

NFT termahal yang pernah terjual sampai dihargai miliaran bahkan triliunan rupiah. Lalu, apa saja NFT termahal yang pernah terjual? Ini adalah daftar 10 NFT termahal terbaru tahun pada tahun 2022 yang dilansir dari CryptoPotato.  Simak daftar terbarunya di bawah ini!

10 NFT Termahal yang Pernah Terjual

  • The Merge
  • The Merge (CryptoPotato)
    The Merge 

    The Merge adalah seni digital yang dibuat oleh seniman terkenal yang memiliki nama samaran Pak. Karya seni ini terjual dengan harga 92,8 juta dollar AS atau sekitar Rp1,3 triliun pada 6 Desember 2021 di marketplace Nifty Gateway.

    Karya seni digital tersebut dijual dengan bentuk potongan-potongan yang disebut ‘massa’ yang berjumlah 312,686. Kemudian, massa tersebut didistribusikan ke 28.983 kolektor. Harga setiap massa adalah 575 dollar AS dan naik sebesar 25 dollar AS setiap enam jam. Pada akhir penjulan itulah, nominal 92,8 juta dollar AS atau Rp1,3 triliun didapatkan, yang menjadikan The Merge sebagai NFT termahal yang pernah dijual.

  • Everydays: The First 5000 Days
  • The First 5000 Days (CryptoPotato)
    Everyday: The First 5000 Days.

    Everydays: The First 5000 Days adalah karya seni digital yang dibuat oleh Michael Winkelmann, seniman digital yang dikenal juga dengan sebutan Beeple. Dia berhasil menjual karya single piece-nya dengan harga selangit. Karya seni tersebut terjual 69 juta dollar AS atau Rp Rp992 miliar.

    Karya seni ini dinamai demikian karena adalah kolase dari 5.000 gambar individu yang dibuat Beeple selama lebih dari tiga belas tahun dari 2007 hingga 2020. Karya ini adalah 5000 gambar individu yang dihasilkan setiap harinya.

  • HUMAN ONE
  • Beeple, Human One (CryptoPotato)
    Beeple, Human One.

    Karya seni ini juga merupakan karya dari Beeple. HUMAN ONE adalah NFT potret bergerak yang menggambarkan manusia pertama di Metaverse. NFT ini terjual di angka 29,9 juta dollar AS atau setara dengan Rp431,1 miliar pada 9 Desember 2021 lalu.

  • Larva Labs, CryptoPunk #7523
  • Larva Labs, CryptoPunk #7523 (CryptoPotato)
    Larva Labs, CryptoPunk #7523 

     

    Larva Labs, CryptoPunk #7523 adalah karya seni avatar digital yang  dihasilkan oleh penegmbang yang berbasis di Kanada yang menjalankan LarvaLabs. Karya unik itu adalah salah satu series dari 9 Alien Punks. Karya tersebut berhasil terjual di angka 11,75 juta dollar AS atau Rp168,2 miliar di rumah lelang yang berbasis di London, Sotheby pada Juni 2021 lalu. CryptoPunk #7523 yang juga dijuluki "Covid Alien," menjadi CryptoPunk termahal yang terjual saat ini.

  • Larva Labs, CryptoPunk #3100
  • Larva Labs, CryptoPunk #3100 (CryptoPotato)
    Larva Labs, CryptoPunk #3100

    CryptoPunk kembali menjadi salah satu dari NFT termahal. Kali ini adalah CryptoPunk #3100, yang juga bagian dari 9 seri Alien Punks. Karya seni ini terjual di angka 7,58 juta dollar AS atau sekitar Rp108,9 miliar. CryptoPunk #3100 adalah alien yang menggunakan headband berwarna biru dan putih.

  • Xcopy: Right-Click and Save As Guy
  • Xcopy Right-Click and Save As Guy (CryptoPotato)
    Xcopy Right-Click and Save As Guy (CryptoPotato)

     

    Right-Click and Save As Guy adalah NFT berbentuk gambar yang dilelang di pasar terdesentralisasi Superrare. Karya digital ini dihargai 7,09 juta dollar AS pada 10 Desember 2021 lalu. Hal menarik dari karya digital ini adalah pembelinya yang merupakan legenda hip-hop dunia, Snoop Dog.

  • Art Blocks, Ringers #109
  • Art Blocks, Ringers #109 (CryptoPotato)
    Art Blocks, Ringers #109

     

    Ringers #109 adalah salah satu karya seni generatif dari koleksi Art Block. Koleksi ini terdiri dari total 99.000 NFT Art Block. Karya seni digital ini terjual dengan harga 6,93 juta dollar AS atau Rp99,6 miliar.

  • Beeple, Crossroad
  • Beeple, Crossroad (CryptoPotato)
    Beeple, Crossroad (CryptoPotato)

     

    Crossroad merupakan NFT berbentuk animasi karya seniman Mike Winklemann atau yang lebih dikenal dengan nama Beeple. Karya ini menampilkan mantan presiden AS, Donald Trumpt, yang telungkup di lapangan sementara para pejalan kaki mengabaikannya. Karya ini berhasil dijual di angka 6.6 juta dollar AS pada Februari 2021 di marketplace Nifty Gateway.

  • This Changed Everything
  • This Changed Everything (CryptoPotato)
    This Changed Everything 

     

    This Changed Everything adalah NFT yang bebentuk sebuah kode yang digunakan pada versi awal World Wide Web. Karya unik ini dijual dengan harga 5.4 juta dollar AS atau Rp77,6 miliar di rumah lelang Sotheby, London. NFT ini dilengkapi dengan beberapa fitur untuk pemiliknya. Salah satunya adalah surat yang ditulis oleh Sir Timothy John Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer Inggris dan penemu internet, poster digital dari kode yang ditulis olehnya, serta dokumen yang merekam sejarah awal internet.

  • Save Thousands of Lives
  • Save Thousands of Lives (CryptoPotato)
    Save Thousands of Lives

     

    Save Thousand of Lives merupakan NFT yang dibuat oleh Noora Health, sebuah organisasi kesehatan yang berhasil menyelamatkan nyawa pasien yang berisiko di wilayah Asia Selatan. Karya seni itu berhasil terjual dengan harga 4,5 juta dollar AS atau setara Rp64,7 miliar. Keuntungan dari penjualan tersebut dialokasikan untuk menyelamatkan nyawa bayi yang baru lahir.

    Itulah daftar 10 NFT termahal menurut CryptoPotato pada tahun ini. Daftar tersebut kemungkinan masih akan berubah seiring naiknya tren NFT di berbagai belahan dunia. Perlu diingat, NFT ini bisa berharga mahal karena keunikan dan proses pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

    Terimakasih sudah membaca artikel Ini Dia Daftar 10 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Terjual Rp1,3 Triliun! Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.