Ketua SEC Ditanya Apakah Ethereum itu, Sekuritas atau Bukan, Gary Gensler Ngeles

Artikel Ketua SEC Ditanya Apakah Ethereum itu, Sekuritas atau Bukan, Gary Gensler Ngeles di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ketua Bursa dan Sekuritas AS, Gary Gensler (Coingape)

JAKARTA – Ketua Komisi Bursa dan Sekuritas AS (SEC) Gary Gensler menjadi sorotan media karena tidak menjawab pertanyaan apakah Ethereum termasuk ke dalam sekuritas atau bukan. Pasalnya sudah setahun SEC menggugat Ripple (XRP) dengan tudingan bahwa XRP merupakan sekuritas yang tidak terdaftar.

Terlepas dari perseteruan SEC dan Ripple, muncul sejumlah rumor yang menyatakan bahwa gugatan terhadap Ripple tidak lepas dari peran perusahaan yang terafiliasi dengan Ethereum sebagai kripto terbesar nomor dua di dunia. Meski demikian, Gensler tidak menjawab secara langsung mengenai pertanyaan yang menyoroti status Ethereum.

Melansir Cryptopotato, Gensler yang tidak menjawab pertanyaan tentang status regulasi Ethereum menyoroti pentingnya masalah ini. Sebagai profesor MIT pada tahun 2018, ia telah mencatat bahwa Eter harus dianggap sebagai sekuritas karena melakukan penjualan melalui ICO (Initial Coin Offering).

“Saya pikir ketika [ICO] selesai dilakukan pada tahun 2014, akan lulus tes [Howey] ini. Ketika saya mengatakan 'lulus', itu berarti itu adalah sekuritas,” ujar Gensler pada waktu itu.

Gagal mengonfirmasi pendirian sebelumnya terhadap mata uang digital terbesar kedua di dunia bukanlah satu-satunya hal yang salah dalam situasi ini. Balasan Gensler bisa membawa kejelasan substansial tentang apakah ia memiliki pandangan yang seragam tentang aset kripto.

Analis percaya Gensler menghindar untuk mengulangi pendiriannya sebelum ini mengenai Ethereum karena perselisihan hukum SEC-Ripple yang sedang berlangsung di mana Komisi menagih pemroses pembayaran dengan menjual sekuritas XRP yang tidak terdaftar.

Dalam perseteruan hukum yang meramaikan media, Ripple menyatakan bahwa tokennya bukanlah sekuritas. Berbeda dengan ICO Ethereum, Ripple diluncurkan dengan dana dari Venture Capitalists. Perlu dicatat bahwa pendahulu Gensler, Jay Clayton, selama masa jabatannya mempertahankan bahwa Ethereum bukanlah sekuritas.

Ketika ditanya oleh Andrew Sorkin apakah menurutnya Ethereum harus dianggap sebagai sekuritas, Gensler berkata, “Saya tidak akan membicarakan satu masalah pun.” Dia menambahkan bahwa SEC tidak akan “terlibat dalam forum publik yang membicarakan proyek manapun.”

Saat ini, sebagian besar aset kripto diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC), di mana peraturannya relatif longgar. Tetapi karena ukuran pasar telah berkembang secara signifikan baik dari segi nilai dan basis pelanggan dalam beberapa tahun terakhir, regulator AS telah mendorong peraturan yang lebih besar.

Klasifikasi aset digital akan menempatkan mereka di bawah lingkup SEC, yang memiliki kerangka peraturan yang lebih ketat.

Sejak Gary Gensler dilantik sebagai ketua SEC, dia menjelaskan pada beberapa kesempatan bahwa ada kebutuhan akan regulasi kripto yang lebih besar untuk melindungi investor.

Dia berpendapat bahwa platform perdagangan dapat mengambil manfaat dari peningkatan kredibilitas dengan tunduk pada peraturan, khususnya pajak, perdagangan orang dalam, dan undang-undang anti-pencucian uang.

Jika platform perdagangan kripto mengumpulkan uang dari publik dan jika publik berinvestasi untuk mengantisipasi keuntungan berdasarkan janji mereka, masalah tersebut masuk dalam undang-undang sekuritas, kata Gensler selama wawancara pada Senin 10 Januari kemarin.

Terimakasih sudah membaca artikel Ketua SEC Ditanya Apakah Ethereum itu, Sekuritas atau Bukan, Gary Gensler Ngeles Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.