Penerbangan Internasional di Bandara Juanda Dibuka Minggu Depan

Artikel Penerbangan Internasional di Bandara Juanda Dibuka Minggu Depan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Opsi pembukaan penerbangan internasional yang diproyeksikan buka, Minggu (2/1) belum dilakukan. Hal itu diakui Kepala Dinas Penerbangan (Kadispen) Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspnerbal) Letkol Laut Wahyu Kurniawan.

Wahyu mengatakan, hingga Sabtu (1/1) belum ada jadwal penerbangan internasional. Pihaknya masih menunggu surat edaran terkait pembukaan T2 Bandara Juanda untuk penerbangan internasional.

”Untuk pemulangan PMI dan kedatangan WNI masih belum tahu pastinya kapan, kemungkinan mulai minggu depan,” ujar Wahyu pada Minggu (2/1).

Wahyu menjelaskan, sejak seminggu kemarin, pihaknya sudah melakukan persiapan. Monitoring dari BNPB dan Kemenhub juga dilakukan. Hasilnya pun dilaporkan ke Menko Marvest.

Sementara itu, Plt Kepala KKP Kelas 1 Surabaya Acub Zainal mengatakan, sudah siap jika kedatangan PMI melalui T2 Bandara Juanda dibuka kembali.

”Saat ini KKP hanya menunggu arahan saja dari pusat. Tepatnya, terkait kapan dimulainya penerbangan Internasional melalui Bandara Juanda,” ujar Wahyu.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Kedatangan Budi didampingi Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan, Direktur Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes Kalsum Komaryani, Pangdam V/Brawijaya Nurcahyanto, serta Kapolda Jawa Timur Nico Afinta.

Kunjungan itu dilakukan sebagai asesmen atas kesiapan Surabaya untuk menerima kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan penumpang dari luar negeri. Di Juanda, Budi melihat fasilitas kedatangan internasional dan protokol kesehatan yang dijalankan.

Budi menyebut Surabaya menjadi salah satu terminal kedatangan yang paling banyak dipilih warga. ”Surabaya dan sekitarnya, termasuk NTB menjadi tempat yang convenient (nyaman) untuk kedatangan PMI dan penumpang dari luar negeri,” tutur dia.

Dia juga menyebut, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta tiap hari menerima 30 ribu penumpang. Sementara PMI yang datang jumlahnya ribuan.

”Karena tiap hari terima lebih dari 30 ribu penumpang. PMI yang datang ke Jakarta total 1.500 tiap hari. Juanda jadi pilihan,” jelas Budi.

Budi menilai, proses asesmen di Juanda cukup baik. Koordinasi pangdam, kapolda, dan Pemprov Jatim sangat baik.

Terimakasih sudah membaca artikel Penerbangan Internasional di Bandara Juanda Dibuka Minggu Depan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.