Teror Ular Besar di Gresik, Sepekan Petugas Tiga Kali Penyelamatan

Artikel Teror Ular Besar di Gresik, Sepekan Petugas Tiga Kali Penyelamatan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Musim hujan menuntut ekstrawaspada. Selain ancaman banjir, serangan demam berdarah dan penyakit lain, belakangan warga Gresik juga dihebohkan dengan terror keluarnya ular besar di sejumlah kawasan permukiman atau tempat umum.

Dalam sepekan ini saja, setidaknya petugas dari UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Gresik melakukan tiga kali penyelamatan. Selasa (11/1) kemarin, misalnya. Ular jenis Sanca mendadak muncul di TK yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Gresik. Awalnya, binatang melata itu terlihat  petugas sekolah saat memeriksa kolam renang pukul 11.30 WIB.

Saat ditelusuri lebih lanjut, ternyata ular dengan warna hijau tersebut bersarang di atas plafon yang sudah dalam kondisi berlubang. “Saat dilihat ke atas, ada ular sanca berwarna hijau,” cerita Moh. Azis, warga setempat.

Pihaknya langsung bergegas menghubungi petugas Damkar Gresik untuk segera mengevakuasi. Untungnya, tidak ada aktivitas belajar anak-anak sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Tim Damkar butuh waktu cukup lama untuk mengevakuasi ular tersebut.

Setidaknya, tujuh personel dikerahkan. Berbekal tongkat panjang, tim berupaya menarik badan ular yang sembunyi di atap. Petugas pun berupaya mengarahkan ular ke bagian atap plafon. Saat proses evakuasi, ular sempat masuk ke kolam renang. Akhirnya, petugas berhasil menangkapnya.

“Butuh waktu sekitar dua jam. Ular langsung dimasukkan ke dalam karung goni dan dibawa keluar dari sekolah,” ucap Kasi Pemadam Kebakaran Gresik Eka Prapangasta.

Di hari yang sama, ular juga muncul di Perumahan Gresik Kota Baru (GKB), sekitar pukul 04.10 WIB. Tepatnya, di sebuah rumah di Jalan Taman Enggano Dalam I. Saat itu, ular bergelantung di atas plafon rumah dan lalu terjatuh. “Penghuni rumah sempat kaget dan langsung menghubungi kami,” terang Eka.

Kurang dari satu jam, petugas berhasil mengevakuasi ular yang bersembunyi di bawah lemari rumah. “Diketahui, ular tersebut adalah ular jenis sanca,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada Kamis (6/1), warga Jalan Malang Perumahan GKB, juga dikejutkan kemunculan ular jenis piton. Ular sepanjang 3 meter tersebut ditemukan warga di gorong gorong. Beberapa warga setempat histeris saat melihat ular tersebut. Petugas sempat kesulitan saat mengevakuasi. Sebab, ular tersangkut di dalam gorong gorong.

Eka menyebut, fenomena tersebut sering terjadi di kala musim penghujan. Sebab, musim-musim tersebut merupakan waktunya kawin dan bertelur bagi hewan reptil itu. Terlebih, di wilayah tambak dan persawahan yang sering menjadi habibat ular berkembang biak.

“Salah satu faktor lainnya karena ekosistem ular yang kini banyak tergerus, berubah jadikan kawasan perumahan,” tuturnya.

Dia mengimbau agar masyarakat selalu waspada. Termasuk menjaga lingkungan dan kebersihan rumah agar tidak menjadi tempat bersarang hewan seperti ular.

“Seperti ilalang-ilalang, ular juga senang menempati lingkungan rumah yang kotor dan menempati sisa-sisa bahan material bangunan dan tumpukan kayu di sekitar rumah,” pungkasnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Teror Ular Besar di Gresik, Sepekan Petugas Tiga Kali Penyelamatan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.