Bekuk Mesir via Adu Penalti, Senegal Juara Afrika untuk Kali Pertama

Artikel Bekuk Mesir via Adu Penalti, Senegal Juara Afrika untuk Kali Pertama di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com-Akhirnya, untuk kali pertama dalam sejarah, Senegal berhasil menjadi juara Africa Cup of Nations.

Dalam final edisi 2021 di Olembe Stadium, Kamerun, dini hari ini (7/2) WIB, Senegal mengandaskan Mesir.

Senegal menang lewat adu penalti dengan skor 4-2. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 0-0 dalam waktu normal hingga fase tambahan waktu.

Dalam adu penalti, dua pemain Mesir yakni Mohamed Abdelmonem dan Mohanad Lasheen gagal untuk melaksanakan tugasnya dengan sempurna. Di sisi lain, eksekusi penalti dari Ahmed Sayed (tendangan pertama) dan Marwan Hamdi (tendangan ketiga) berhasil menemui sasaran.

Dari kubu Senegal, hanya Bouna Sarr (tendangan ketiga) yang gagal. Sementara itu, empat sepakan pemain Senegal yakni Kalidou Koulibaly, Abdou Diallo, Bamba Dieng, dan Sadio Mane berhasil menemui sasaran.

Senegal memang mendominasi pertandingan final ini. Mereka mencatat tendangan lebih banyak (13 dibandingkan 7). Juga menciptakan sepakan mengarah ke gawang lebih banyak (8 dibandingkan 3). Dalam penguasaan bola, Senegal unggul dengan catatan 58 persen dibandingkan 42 persen.

Senegal memiliki peluang emas untuk unggul pada menit ketujuh. Tetapi tendangan penalti dari Sadio Mane berhasil digagalkan kiper Mesir Mohamed Abou Gabal atau yang akrab dipanggil Gabaski.

Karena penampilan solidnya sepanjang babak normal, Gabaski terpilih menjadi man of the match. Di bagian lain, Mane ditahbiskan sebagai pemain terbaik AFCON 2021. Kiper terbaik turnamen direbut oleh penjaga gawang Senegal yang bermain untuk Chelsea, Edouard Mendy.

Senegal mencapai final Piala Afrika dalam dua edisi beruntun. Namun, pada edisi sebelumnya di Mesir 2019, Senegal dikandaskan Aljazair dengan skor 0-1.

Sementara itu, bintang Mesir Mohamed Salah gagal menuntaskan misinya menjadi juara meski sudah menjejak dua final. Sebelumnya, dalam edisi 2017 di Gabon, Mesir dikalahkan Kamerun dengan skor 1-2 di laga puncak.

Mesir sendiri menjadi tim tersukses Piala Afrika dengan koleksi tujuh gelar. Mesir berada di atas Kamerun dan Ghana yang mendulang lima dan empat trofi juara.

’’Sama sekali tidak mudah untuk mencapai dua final Piala Afrika berturut-turut. Tidak peduli siapa pun yang dihadapi,’’ papar Mane dilansir AFP.

Terimakasih sudah membaca artikel Bekuk Mesir via Adu Penalti, Senegal Juara Afrika untuk Kali Pertama Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.