Indonesia Pimpin Penjualan Mobil di ASEAN Geser Thailand

Artikel Indonesia Pimpin Penjualan Mobil di ASEAN Geser Thailand di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Meskipun masih disibukkan dengan masalah pandemi covid-19, penjualan mobil secara keseluruan di kawasan regional Asia Tenggara (ASEAN) alami peningkatan. Tercatat ada enam negara yang merupakan basis produksi berbagai merek mampu mencatat total penjualan 2,79 juta unit, ini naik 14% dibanding tahun 2020.

Negara-negara tersebut adalah Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina dan Singapura. Bila melihat data di ASEAN Automotive Federation (AAF), mencatat selama duabelas bulan penuh di 2021, Indonesia berhasil menjual mobil sebanyak 887.202 unit. Sedangkan Thailand hanya mampu mencatatkan penjualan sebanyak 754.254 unit.

Dari angka tersebut Indonesia mengalami kenaikan 67% dibanding penjualan di 2020. Sedangkan Thailand mengalami penurunan 4% dibanding tahun sebelumnya. Catatan penjualan tersebut membuat Indonesia mampu menggeser Thailand yang selama ini diperingkat pertama penjualan mobil di ASEAN.

Sebagai informasi pada 2020 Thailand masih menjadi pemimpin penjualan mobil baru di pasar ASEAN dengan mengantongi angka penjualan sebanyak 792.146 unit. Sedangkan angka penjualan yang dikoleksi Indonesia pada tahun yang sama, sebanyak 532.027 unit.

Sedangkan negara serumpun yaitu Malaysia hanya mampu mencatat penjualan sebanyak 508.911 di 2021, merosot 4% dibanding tahun sebelumnya sekaligus menempatkan pada urutan ketiga.

Negara Vietnam berada diurutan empat dengan membukukan penjualan sebanyak 304.149 unit turun 3% dibanding tahun sebelumnya. Urutan lima ada Filipina dengan penjualan sebanyak 268.488 unit, turun drastis sebanyak 16%.

Bisa dikatakan keberhasilan dalam hal penjualan di Indonesia karena adanya program rileksasi yang diberlakukan berupa diskon PPnBM.

Terimakasih sudah membaca artikel Indonesia Pimpin Penjualan Mobil di ASEAN Geser Thailand Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.