Tak Hanya Ponsel, Suntik Mati 3G Juga Akan Berdampak Pada Industri Mobil Seperti Tesla dan BMW

Artikel Tak Hanya Ponsel, Suntik Mati 3G Juga Akan Berdampak Pada Industri Mobil Seperti Tesla dan BMW di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Jaringan 3G mengantarkan era data nirkabel .(foto: dok. pixabay)

JAKARTA - Dua dekade lalu, jaringan 3G mengantarkan era data nirkabel, ketika sebagian besar ponsel hanya dapat melakukan panggilan telepon saja. Tetapi kini, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada jaringan generasi ketiga itu.

Dari tiga operator terbesar di Amerika Serikat (AS), AT&T menjadi yang pertama dengan menutup layanan 3G-nya pada Selasa, 22 Februari. T-Mobile akan menyusul pada 31 Maret, dan Verizon akan menyelesaikannya pada 31 Desember.

Jaringan 3G pertama kali memungkinkan masyarakat menggunakan aplikasi di ponsel, mengintegrasikan sistem GPS dengan mobil, dan melakukan banyak tugas lain saat bepergian.

Namun, ketika operator beralih ke jaringan 4G LTE dan sekarang ke 5G, mereka mematikan 3G untuk selamanya tahun ini. Akibatnya, beberapa perangkat dan layanan akan kehilangan layanan, termasuk industri mobil.

Jaringan 3G hanya akan berpengaruh dengan ponsel yang dirilis di bawah tahun 2015. Jika terpengaruh, operator seharusnya menawarkan untuk mengganti perangkat lama dengan yang baru, yang terhubung ke jaringan 4G LTE.

Melansir CNET, Rabu, 23 Februari, seorang analis di Recon Analytics, Roger Entner mengatakan jumlah orang yang menggunakan ponsel 3G saja saat ini sedikit, hanya ratusan ribu. Dia berharap bahwa banyak orang yang terkena dampak tidak meng-upgrade ponsel 3G mereka baik karena mereka lupa melakukannya atau mereka menyimpan ponsel lama di laci untuk keadaan darurat.

Perangkat masih akan menyala, tetapi tidak dapat terhubung ke jaringan. Bukan hanya ponsel yang akan terpengaruh. Suntik mati 3G juga akan menghantam teknologi seperti sistem navigasi otomatis, sistem alarm, e-reader awal, dan gadget internet of things (IoT) lainnya yang mengandalkan jaringan 3G untuk data.

Artinya pula dikutip dari The Drive, jutaan mobil yang terhubung akan berhenti menelepon ke rumah karena menara radio seluler berhenti mentransmisikan sinyal yang kompatibel dengan perangkat keras di dalam kendaraan.

Begitu pula dengan fitur-fitur mewah yang mengandalkan sinyal 3G seperti lalu lintas dalam navigasi serta data lokasi, hotspot WiFi, layanan panggilan darurat, fungsi penguncian atau pembukaan kunci jarak jauh, konektivitas aplikasi ponsel cerdas, asisten suara, dan banyak lagi yang akan berhenti berfungsi.

Berhentinya AT&T adalah penutupan skala luas pertama dari jaringan 3G utama AS. Ini memengaruhi suatu tempat di sekitar 100 model di 12 pembuat mobil, seperti Audi, BMW, Bentley, Ford, Honda, Porsche, Subaru, Tesla dan semua merek yang memiliki mobil dibangun antara 2012 dan 2022.

Terimakasih sudah membaca artikel Tak Hanya Ponsel, Suntik Mati 3G Juga Akan Berdampak Pada Industri Mobil Seperti Tesla dan BMW Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.