Antisipasi Perubahan Geopolitik Dunia, Ganjar Minta Kepala Daerah di Jawa Tengah Siapkan Politik Pangan

Artikel Antisipasi Perubahan Geopolitik Dunia, Ganjar Minta Kepala Daerah di Jawa Tengah Siapkan Politik Pangan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ganjar Pranowo/Foto: Antara

MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan seluruh kepala daerah di 35 kabupaten/kota agar mewaspadai situasi geopolitik dunia yang berubah usai konflik Rusia-Ukraina.

"Hati-hati, sekarang harga minyak dunia naik, biasanya kemudian harga gas naik, itu akan berpengaruh pada kita," kata Ganjar di Kabupaten Magelang, Rabu 16 Maret.

Ganjar menyebut banyak komoditas yang bisa terpengaruh akibat naiknya harga minyak dan gas dunia, bahkan biasanya pupuk dan kebutuhan pokok lain akan naik.

"Untuk itu, saya minta siapkan politik pangan. Kalau biasanya hanya tanam padi, sekarang siapkan tanaman pendamping seperti jagung, singkong, dan lainnya," ujar mantan anggota DPR RI itu.

Saat ini, lanjut Ganjar, harga minyak goreng di pasaran masih tinggi, meski operasi pasar terus dilakukan, tapi belum bisa menyelesaikan persoalan.

"Hati-hati, itu bisa mengganggu kondisi ekonomi kita. Biasanya 'volatile food' bisa naik, kita harus jaga-jaga, apalagi sebentar lagi Ramadhan," katanya dikutip Antara.

Menurut Ganjar, Pemprov Jateng sedang menyusun strategi untuk mengantisipasi dampak-dampak yang kemungkinan timbul akibat gejolak politik dunia.

Terkait dengan hal itu, Ganjar meminta Bank Jateng menggandeng Bank Indonesia termasuk para pakar untuk menyusun "road map" penyelesaian masalah-masalah itu.

"Road map harus bisa memotret kondisi ekonomi dunia. Kalau dalam posisi seperti ini, kita proyeksi sampai 5-10 tahun ke depan, apa yang bisa dilakukan. Politik pangannya harus bagaimana, energi, perdagangan, pariwisata, UMKM dan lain-lain harus bagaimana, harus ada antisipasi-antisipasi dan dicarikan penyelesaian," ujarnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Antisipasi Perubahan Geopolitik Dunia, Ganjar Minta Kepala Daerah di Jawa Tengah Siapkan Politik Pangan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.