Cegah Korupsi Praktisi Hukum Minta Dana Abadi Dikelola Transparan

Artikel Cegah Korupsi Praktisi Hukum Minta Dana Abadi Dikelola Transparan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
DOK VOI

BANDA ACEH - Kalangan praktisi hukum di Provinsi Aceh mengingatkan pengelolaan dana abadi harus transparan dan akuntabel untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi."Dana abadi ini berpotensi dikorupsi jika tidak dikelola transparan dan akuntabel. Selain transparan, pengawasan terhadap pengelolaan dana abadi tersebut juga harus ketat," kata Askhalani, praktisi hukum, di Banda Aceh, Jumat.Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengizinkan pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk dana abadi sebagai opsi bagi kebermanfaatan lintas generasi.Dana abadi tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanda daerah. Dana abadi itu untuk daerah yang memiliki kapasitas fiskal tinggi dan telah memenuhi kebutuhan pelayanan dasar publik.Askhalani mengatakan jauh sebelum Menteri Keuangan mengizinkan pembentukan dana abadi, Pemerintah Aceh sudah memiliki dana abadi pendidikan sejak 2006. Namun, hingga kini tidak diketahui untuk apa dana tersebut."Berapa jumlah dana abadi serta untuk apa dan ke mana digunakan dana pendidikan sampai kini tidak diketahui. Dan ini tentu membuka peluang terjadi tindak pidana korupsi," kata Askhalani.

Menurut Askhalani, transparansi pengelolaan dana abadi tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Aceh. Pemerintah Aceh seharusnya memublikasikan pengelolaan dana abadi secara berkala."Lembaga legislatif seperti DPR Aceh harus mempertanyakan jumlah penerimaan dana abadi yang disimpan di perbankan, sehingga bisa menutup celah terjadinya penyimpangan pengelolaan dana abadi tersebut," kata Askhalani.Askhalani yang juga aktivis antikorupsi itu mengatakan dana abadi adalah dana yang disisipkan untuk kepentingan tertentu yang sifatnya khusus, seperti untuk pendidikan dan kesehatan,."Jika pengelolaannya tidak diawasi ketat serta tidak transparan tentu berpotensi diselewengkan. Apalagi jumlah dana abadi tersebut lumayan besar," kata Askhalani pula.

Terimakasih sudah membaca artikel Cegah Korupsi Praktisi Hukum Minta Dana Abadi Dikelola Transparan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.