Geliat Industri Otomotif, Menperin Target Ekspor Sejuta Mobil di 2025

Artikel Geliat Industri Otomotif, Menperin Target Ekspor Sejuta Mobil di 2025 di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Industri otomotif terus menunjukkan geliatnya di tengah tekanan dampak pandemi Covid-19. Ekspansi pasar ekspor terus dilakukan. Langkah itu diyakini mampu mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional.

”Kami menargetkan, pada 2025, ekspor kendaraan roda empat di Indonesia bisa mencatat angka 1 juta unit setiap tahun. Karena itu, kami memohon kerja sama dari seluruh industri otomotif di Indonesia agar bisa mencapai angka ekspor tersebut,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada seremoni ekspor All New Honda BR-V di Jakarta, Rabu (16/3).

Agus menjelaskan, pemerintah gencar memacu sektor tersebut untuk meningkatkan nilai investasi dan ekspor dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Apalagi, selama ini industri moda transportasi darat itu konsisten memberikan kontribusi besar terhadap capaian nilai ekspor nasional.

”Kami terus berupaya agar Indonesia bisa menjadi hub ekspor bagi produk-produk industri, termasuk otomotif. Salah satu strateginya adalah memperluas pasar ekspor yang tentu dilakukan melalui pendekatan dengan negara yang akan dituju,” paparnya.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengirimkan All New Honda BR-V ke 29 negara di seluruh dunia. Jumlahnya sekitar 6.000 unit hingga akhir tahun ini. Model untuk pasar ekspor diproduksi di Karawang, Jawa Barat. Kandungan lokalnya mencapai 80 persen. ”Sehingga dapat dikatakan mobil itu adalah buatan Indonesia,” kata Agus.

Presiden Direktur PT HPM Takehiro Watanabe menyatakan, All New Honda BR-V merupakan model istimewa karena dikembangkan melalui serangkaian riset terhadap selera dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

”Setelah disambut dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia, kami yakin yang diproduksi dengan standar dan kualitas internasional dapat diterima di negara lain dengan baik,” ujarnya. Sebelumnya, PT HPM mengekspor Brio ke Vietnam dan Filipina sejak 2019.

Terimakasih sudah membaca artikel Geliat Industri Otomotif, Menperin Target Ekspor Sejuta Mobil di 2025 Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.