Jelang Ramadan, DKPP Surabaya Sebar Bibit dan Operasi Pasar Cabai

Artikel Jelang Ramadan, DKPP Surabaya Sebar Bibit dan Operasi Pasar Cabai di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com– Dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) Surabaya mengambil langkah antisipatif terkait dengan kenaikan harga cabai menjelang Ramadan. Bekerja sama dengan dinas koperasi, UKM, dan perdagangan (dinkopdag), mereka akan mendistribusikan cabai melalui operasi pasar murah. DKPP juga memberikan bibit cabai kepada warga untuk ditanam sendiri.

Kepala DKPP Surabaya Antiek Sugiharti menjelaskan, pekan ini pihaknya baru saja memanen 8 kilogram cabai dari lahan seluas 150 meter persegi saja. Berat cabai yang dipanen tidak selalu sebanyak itu, bergantung pada lahan dan petani yang diberdayakan DKPP. ”Beratnya bergantung lokasi. Teman-teman petani kami kolaborasikan di sana,” terangnya kemarin (16/3).

Cabai termasuk komoditas yang cukup mudah dipanen. Dalam satu kali tanam sebulan, DKPP bisa panen 3–4 kali. Cabai-cabai tersebut bakal didistribusikan melalui operasi pasar yang rutin dilakukan dinkopdag. ”Teman-teman biasanya sudah punya analisis nanti kira-kira produk apa yang harganya naik di pasaran,” ujar Antiek.

Namun, di operasi pasar tidak selalu ada cabai. Antiek menjelaskan, biasanya cabai didistribusikan di wilayah yang sama dengan lahan tempat panen. ”Dan tidak selalu hanya cabai, tapi juga komoditas lain. Misalnya, terong. Bergantung kondisi pasar,” jelasnya.

Dalam satu operasi pasar, harga cabai juga bervariasi. Jika di pasaran Rp 60 ribu per kilogram, pada operasi pasar murah ini cabai dibanderol Rp 40 ribu per kilogram. Bila di pasaran Rp 40 ribu per kilogram, di operasi pasar murah harga cabai hanya Rp 25 ribu per kilogram.

Terimakasih sudah membaca artikel Jelang Ramadan, DKPP Surabaya Sebar Bibit dan Operasi Pasar Cabai Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.