NASA Luncurkan Uji Coba Roket SLS, Bersiap Menapakkan Kaki di Bulan

Artikel NASA Luncurkan Uji Coba Roket SLS, Bersiap Menapakkan Kaki di Bulan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
NASA baru saja meluncurkan roket Bulan raksasa untuk pertama kalinya. (foto: Dok. NASA)

JAKARTA - NASA baru saja meluncurkan roket Bulan raksasa untuk pertama kalinya. Dikenal sebagai Space Launch System (SLS), roket itu lepas landas dari landasan Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat (AS) untuk melakukan hitung mundur pengujian pra-peluncuran misi Artemis I.

Peluncuran roket SLS dan kapsul awak Orion menandai tonggak penting dalam rencana AS untuk eksplorasi Bulan baru setelah bertahun-tahun mengalami kemunduran.

Baik SLS dan Orion telah menelan biaya sekitar 37 miliar dolar AS atau setara Rp530 triliun untuk dikembangkan termasuk sistem darat. Keduanya merupakan tulang punggung program Artemis NASA. Program ini  bertujuan mengembalikan astronot ke Bulan dan membangun koloni bulan jangka panjang sebagai pendahulu untuk eksplorasi manusia di Mars.

Menurut laporan, uji coba pertama ini berjalan dengan baik, dan roket akan dinyatakan siap untuk misi di mana ia akan mengirim kapsul uji tanpa awak di sekitar Bulan. Ini bisa terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

Uji terbang tanpa pilot, diharapkan pada akhir Mei atau Juni, yang akan membawa tiga manekin berinstrumen dan boneka Snoopy dari Peanuts di luar Bulan dan kembali ke Samudra Pasifik untuk membuka jalan bagi misi Artemis yang diujicobakan pertama pada 2024.

SLS adalah raksasa di bawah ketinggian 100 meter. Pesawat itu dirancang untuk menjadi lebih kuat daripada kendaraan Apollo Saturnus pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Dilengkapi dengan empat mesin utama pesawat ulang-alik yang ditingkatkan dan dua penguat bahan bakar padat yang diperpanjang. SLS akan menaikkan timbangannya pada 5,75 juta pon saat dimuat dengan propelan, menghasilkan daya dorong 8,8 juta pon saat lepas landas.

Melansir BBC Internasional, Jumat, 18 Maret, roket ini akan memiliki daya dorong yang tidak hanya mengirim astronot jauh ke luar Bumi, tetapi juga begitu banyak peralatan dan kargo.

"Peluncuran pertama dari Vehicle Assembly Building (VAB), itu benar-benar momen ikonik untuk kendaraan ini. Berada di sini untuk generasi baru kendaraan kelas eksplorasi super berat angkat adalah hari yang harus diingat," ujar Administrator Asosiasi NASA untuk pengembangan sistem eksplorasi, Tom Whitmeyer.

Sekarang, SLS akan dipersiapkan untuk latihan gaun basah, kemungkinan akan terjadi pada 3 April. Para ilmuwan berencana untuk memuat penuh tangki bahan bakar inti SLS dengan hidrogen cair dan propelan oksigen cair yang sangat dingin untuk melakukan simulasi hitung mundur peluncuran. Peluncuran  akan berhenti beberapa detik sebelum empat mesin R-25 roket menyala dalam evaluasi top-to-bottom dari seluruh sistem.

Sedangkan kapsul awak Orion mampu membawa empat astronot bertamasya ke luar angkasa. Mereka diharapkan bisa dioperasikan pada misi Artemis II, yang akan terbang mengelilingi Bulan beberapa saat setelah misi Artemis I tanpa awak, dijadwalkan paling lambat Mei 2022.

Sementara NASA sedang mengembangkan SLS, CEO SpaceX, Elon Musk, sedang mempersiapkan kendaraan yang lebih besar di fasilitas R&D-nya di Texas. Dia menyebut roket raksasanya sebagai Starship.

Seperti SLS, ia belum memiliki penerbangan perdananya. Tidak seperti SLS, Starship telah dirancang untuk sepenuhnya dapat digunakan kembali dan oleh karena itu seharusnya jauh lebih murah untuk dioperasikan.

SpaceX mengatakan Starship akan mampu mengirimkan sekitar 100 ton muatan. Akan  tetapi roket akan membutuhkan pengisian bahan bakar ulang sebelum meninggalkan orbit Bumi. Meskipun dapat membawa lebih sedikit dan tidak dapat digunakan kembali, SLS tidak memerlukan pengisian bahan bakar.

Terimakasih sudah membaca artikel NASA Luncurkan Uji Coba Roket SLS, Bersiap Menapakkan Kaki di Bulan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.