Ratusan PMKS di Liponsos Keputih Jalani Pendataan Identitas

Artikel Ratusan PMKS di Liponsos Keputih Jalani Pendataan Identitas di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang menjalani perawatan di Liponsos Keputih terkadang lupa tempat tinggalnya. Hal itu menyulitkan petugas saat pemulangan.

Untuk mengetahui daerah asal PMKS, kemarin (21/3) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya menggelar pelacakan identitas. Satu per satu PMKS menjalani pengecekan retina mata hingga sidik jari.

Totalnya ada sebanyak 470 orang. Petugas memastikan mereka sudah melakukan perekaman e-KTP atau belum. Identitas PMKS yang sudah menjalani perekaman terlihat di sistem. ’’Kalau tidak, berarti mereka belum melakukan perekaman data,’’ ujar petugas Dispendukcapil Surabaya Indra Dwi Wahyono.

Kepala UPT Liponsos Keputih Imam Muhaji menyatakan, sebagian besar PMKS yang masuk ke liponsos tidak diketahui asalnya. Penyebabnya beragam, mulai lupa tempat tinggalnya hingga kehilangan kartu identitas diri.

Menurut Imam, kepemilikan identitas adalah hak dasar bagi mereka. ’’Kalau memang belum perekaman, langsung dilakukan perekaman dan penerbitan e-KTP,” terangnya.

PMKS yang tidak memiliki identitas akan dimasukkan sebagai penduduk Surabaya. Namun, sifatnya hanya sementara. Ketika menjalani perawatan ternyata PMKS itu ingat lagi tempat tinggalnya, statusnya sebagai warga Surabaya dicabut. Kemudian dikembalikan lagi sesuai asal daerahnya.

Imam menambahkan, kepemilikan identitas diri sangat penting. Dengan memiliki e-KTP, warga bisa mengakses layanan kesehatan. ’’Mereka bisa masuk sebagai peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) dengan program bantuan iuran (PBI),’’ tuturnya.

Pengecekan dan penerbitan identitas bagi PMKS memakan waktu lebih dari seminggu. Sebab, petugas memiliki keterbatasan dalam komunikasi dengan PMKS. ’’Yang pasti, kami upayakan untuk semua penghuni Liponsos Keputih ini jelas identitasnya,’’ terangnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Ratusan PMKS di Liponsos Keputih Jalani Pendataan Identitas Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.