Sigap Tangani Marc Marquez usai Terjatuh di Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Basarnas Dapat Pujian dari Dorna Sport

Artikel Sigap Tangani Marc Marquez usai Terjatuh di Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Basarnas Dapat Pujian dari Dorna Sport di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Basarnas mendapat pujian karena sigap dalam menangani Marc Marquez yang kecelakaan di sesi pemanasan MotoGP Mandalika. (Dok. MGPA)

MANDALIKA - Penyelenggaraan MotoGP Mandalika terbilang sukses. Banyak pujian yang diberikan kepada pihak penyelenggara.

Setelah sebelumnya marshal Sirkuit Mandalika dipuji karena sigap saat bekerja, kali ini tim Badan SAR Nasional yang mendapat apresiasi.

Apresiasi ini datang dari Dorna Sport, selaku operator MotoGP. Mereka memuji kesigapan Basarnas saat mengevakuasi Marc Marquez yang mengalami kecelakaan pada sesi pemanasan MotoGP Mandalika, Minggu, 20 Maret.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan, Marquez memang membutuhkan proses evakuasi dengan cepat.

"Dear Chief convay our appreciation to Indonesia Search & Rescue for the responsiveness in carrying out their duty (Kami menyampaikan apresiasi kepada Search & Rescue Indonesia atas ketanggapannya dalam menjalankan tugas)," kata Henri menyampaikan pesan tertulis Dorna yang disampaikan melalui telepon genggam (HP).

Henri sendiri turun langsung ke lapangan meninjau kesiapsiagaan seluruh personel Basarnas dalam melakukan tindakan pertolongan. Jenderal bintang tiga itu mengatakan, pihaknya memang perlu terlibat secara langsung karena ada potensi permintaan pertolongan dari tim SAR.

Lebih lanjut, ia mengaku sangat bangga dan tidak menduga jika Dorna memilih Basarnas untuk menjadi tim pengamanan SAR selama ajang MotoGP Mandalika berlangsung.

"Awalnya mereka sangat tidak percaya, begitu disampaikan kemampuan Basarnas, Dorna langsung percaya dan meminta Basarnas terlibat secara langsung. Ini merupakan kejutan dan kebanggaan bagi kami terpilih menjadi marshal flag," ujarnya.

Dalam kesempatan MotoGP Mandalika, Basarnas yang tadinya menyiagakan satu unit helikopter di event perdana, diminta untuk menyiapkan dua unit helikopter.

Selain itu, Basarnas juga menyiagakan Rigid Inflatable Boat (RIB) untuk mengantisipasi semua kejadian yang membutuhkan pelayanan SAR dengan cepat. RIB adalah jenis perahu multipurpose yang bisa di gunakan untuk berbagai keperluan dan dalam berbagai kondisi cuaca.

"Kita tidak mengharapkan terjadi insiden apapun, namun semua itu di luar kuasa, dan Basarnas siap memberikan pelayanan pertolongan sehingga pemerintah dan masyarakat merasa yakin dan aman dengan kehadiran Basarnas di arena balap internasional tersebut," ucap Henri.

Terimakasih sudah membaca artikel Sigap Tangani Marc Marquez usai Terjatuh di Sesi Pemanasan MotoGP Mandalika, Basarnas Dapat Pujian dari Dorna Sport Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.