Surya Paloh Prediksi Penundaan Pemilu 2024 Tidak akan Berhasil

Artikel Surya Paloh Prediksi Penundaan Pemilu 2024 Tidak akan Berhasil di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Tiga elite parpol dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar mengusulkan agar Pemilu 2024 ditunda pelaksananya. Sehingga jabatan Presiden RI bisa diperpanjang.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan penundaan pelaksanaan Pemilu 2024 hanyalah sebuah wacana dari elite partai politik saja. “Kita anggap saja itu (usulan penundaan Pemilu 2024), yang melemparkan isu, dan berwacana menawarkan konsep dan gagasan yang syukur-syukur diterima oleh masyarakat,” ujar Surya Paloh, Sabtu (5/3).

Bahkan Paloh, memperkirakan usulan penundaan Pemilu 2024 dari para elite partai politik akan kandas sebelum masuk ke MPR RI untuk agenda amendemen UUD 1945. “Prediksi Nasdem, itu tidak sampai pada keberanian dan kesepakatan untuk mengamendemen Undang-Undang Dasar,” katanya.

Paloh menuturkan, jika penundaan Pemilu 2024 dilakukan dengan Presiden RI mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu), maka akan muncul polemik baru. “Satu-satunya jalan adalah membawa ini ke sidang MPR dan amendemen konstitusi. Nasdem mampu memprediksikannya, sebelum sampai situ, game is over (berakhir). Untuk apa kita buang energi kepada hal-hal itu. Banyak hal lain yang harus jadi concern kita bersama,” ungkapnya.

Paloh berujar masih banyak pekerjaan rumah dari pemerintah dan elite partai politik untuk saat ini. Seperti Covid-19 yang masih menjadi pandemi di tanah air dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ke Kalimantan Timur. Sehingga Paloh, berharap semua pihak tidak perlu membuang-buang energi untuk membahas mengenai wacana penundaan Pemilu 2024.

“Ini hal-hal yang lebih besar dari pada hal itu. Ibarat air, ketika gelas diisi air melampaui gelasnya, dia akan tumpah. Itu tidak baik. Kita punya kapasitas yang maksimum dan jangan melampaui hal ini,” pungkasnya.

Diketahui, usulan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang meminta agar Pemilu 2024 ditunda hingga dua tahun itu kemudian mendapat sambutan dari sejumlah partai, seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Mereka menyatakan kondisi perekonomian belum stabil akibat Covid-19, sehingga Pemilu 2024 perlu ditunda agar pemerintah bisa fokus untuk pulih. Namun, usulan tersebut mendapat penolakan dari Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Kendati demikian tidak sedikit pihak-pihak, seperti koalisi masyarakat sipil yang tegas menolak usulan tersebut dan berharap Pemilu serentak tetap bisa dilaksanakan pada 2024 mendatang.

Terimakasih sudah membaca artikel Surya Paloh Prediksi Penundaan Pemilu 2024 Tidak akan Berhasil Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.