TikTok Resmi Luncurkan SoundOn di Indonesia dan Akan Berikan 100% Royalti ke Pembuat Musik

Artikel TikTok Resmi Luncurkan SoundOn di Indonesia dan Akan Berikan 100% Royalti ke Pembuat Musik di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
SoundOn TikTok akan berikan royalti 100 persen kepada pembuat musik (Foto: Pixabay)

JAKARTA - TikTok menjadi aplikasi teratas tahun 2021 menurut perusahaan riset pasar aplikasi mobile, App Annie, yang merilis laporan tentang lanskap aplikasi mobile pada kuartal I-2021. TikTok meraih predikat sebagai aplikasi dengan jumlah unduhan tertinggi, mengalahkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Tingginya antusias masyarakat terhadap TikTok, membuat aplikasi ini meluncurkan platform pemasaran musik independen bernama SoundOn. Platform ini memungkinkan untuk para artis dan kreator mengunggah musik mereka secara langsung ke TikTok dan ke layanan streaming musik milik perusahaan induk ByteDance, Resso, Apple Music, Spotify, Pandora, Deezer, dan Joox.

Platform ini sudah diuji coba di berbagai negara seperti Brazil, Indonesia, Amerika Serikat dan Inggris. Ada sejumlah artis dan pembuat konten yang telah menggunakan layanan tersebut. Misalnya Muni Long, Games We Play, Abby Roberts dan Chloe Adams di Inggris.  SoundOn akan membayar 100 persen royalti kepada pembuat musik untuk waktu yang tidak terbatas.

Melansir dari TechCrunch,  keuntungan yang didapat dari platform musik yang tidak dimiliki ByteDance, seperti Spotify, Joox, dan lainnya akan menerima royalti sebesar 100 persen pada tahun pertama. Tetapi jumlah itu akan turun menjadi 90 persen pada tahun kedua dan seterusnya. Menurut FAQ SoundOn, artis akan mempertahankan semua hak dan royalti, yang berarti mereka akan memiliki master mereka selain menerima 100 persen royalti atau 90 persen.

“Pembuat TikTok adalah sumber kehidupan platform kami dan alasan mengapa suara menjadi hit,” situs web SoundOn menjelaskan. “Saat Anda merilis melalui platform kami, tim kami akan mengaktifkan beragam kreator untuk membuat video dengan trek Anda. Ini membantu Anda memperluas basis penggemar dan menjangkau komunitas baru tempat para pembuat konten ini menjadi bagiannya.”

SoundOn juga menawarkan alat dan dukungan promosi lainnya, termasuk wawasan dan pengembangan audiens, saran dari tim pemasaran SoundOn, akses ke tab lagu TikTok, verifikasi TikTok, penempatan editorial di Resso dan CapCut, dan dukungan promosi melalui pemasaran kreator di platform TikTok.

Situs web SoundOn mencatat bahwa merilis melalui platformnya akan mendapatkan trek di depan pembuat TikTok.

“Artis dan pencipta musik baru adalah komunitas yang dinamis dalam TikTok dan SoundOn dirancang untuk mendukung mereka saat mereka mengambil langkah pertama dalam karir mereka,” kata Ole Obermann, kepala global Musik di TikTok, dalam sebuah pernyataan tentang peluncuran tersebut.

Obermann juga mengatakan bahwa tim SoundOn akan memandu pembuat konten dalam perjalanan mereka ke panggung besar dan menghidupkan keahlian serta kekuatan TikTok untuk artis. “Kami sangat senang tentang bagaimana ini akan muncul dan mendorong bakat baru dan bagaimana SoundOn akan berkontribusi pada industri musik global yang semakin beragam dan berkembang,” katanya.

Aspek pemasaran TikTok pada proposisi nilai SoundOn dapat membuat layanan ini sangat menarik bagi artis baru dan baru, karena mereka memahami bahwa dorongan ekstra pada TikTok dapat membantu mereka untuk keluar dan menjangkau audiens yang lebih luas, berkat tren viral TikTok. Fans kemudian mengikuti artis di layanan streaming musik, di mana loyalitas itu diubah menjadi dolar dan sen yang sebenarnya.

Platform SoundOn telah dalam pengujian beta sejak musim gugur yang lalu, dan sekarang sepenuhnya tersedia di AS, Inggris, Brazil, dan Indonesia, dengan sejumlah artis dan pembuat konten yang telah menggunakan layanan tersebut, termasuk Muni Long, Games We Play, Abby Roberts dan Chloe Adams di Inggris

Untuk para kreator maupun artis dari Tanah Air yang ingin merilis musik melalui platform SoundOn, TikTok mengatakan Anda dapat mendaftar untuk SoundOn di us.soundon.global atau soundon.global.

Anda tinggal klik “Gabung Sekarang” setelah itu Anda harus mengisi semua data-data yang diminta. Setelah mengisi semua data, Anda bisa langsung menandatangani perjanjian lisensi serta mengikuti langkah selanjutnya untuk melakukan proses pendistribusian musik.

TikTok mengatakan bahwa seluruh proses dari mulai pendaftaran akun hingga proses distribusi musik tidak akan dipungut biaya sama sekali atau gratis.

Terimakasih sudah membaca artikel TikTok Resmi Luncurkan SoundOn di Indonesia dan Akan Berikan 100% Royalti ke Pembuat Musik Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.