Wagub Jatim Emil Dardak Minta Masyarakat Belanja di UMKM

Artikel Wagub Jatim Emil Dardak Minta Masyarakat Belanja di UMKM di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. (Foto: Dok. Antara)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendorong masyarakat membelanjakan uang di sektor UMKM maupun industri kreatif, agar aktivitas ekonomi bisa tumbuh dan menggeliat kembali.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan, dengan upaya itu dirinya optimistis ekonomi dan industri kreatif di daerahnya bisa terus tumbuh saat pandemi COVID-19.

Emil yang sebelumnya menghadiri Festival Ekonomi Kreatif Gresik 2022 dalam Rangka Memperingati HUT Ke-48 Pemkab Gresik menyebutkan ekonomi kreatif jika dikemas dengan tepat bisa menghasilkan sebuah karya yang bernilai tambah.

"Sama halnya seperti warisan tenun Gresik yang ada di Wedani sangat banyak diminati dan mulai menembus pasar Internasional," katanya dalam keterangan dikutip Antara, Minggu 6 Februari.

Oleh karena itu, seluruh potensi UMKM di daerah harus bisa terus dikembangkan dan didorong dengan berbagai energi yang ada.

"Saya melihat di Gress Mall ini tingkat kunjungan masyarakat berbelanja di sini baik. Ini menunjukkan bahwa kegiatan konsumsi berjalan dengan baik. Di mana sebesar 60 persen ekonomi Jatim banyak disumbang oleh kegiatan konsumsi," katanya.

Emil mengatakan ekonomi dan industri kreatif di Jawa Timur separuhnya disumbang oleh tiga wilayah di antaranya Kabupaten Gresik, Sidoarjo, dan Kota Surabaya.

Sementara Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani mengakui bahwa dirinya memiliki komitmen tinggi dalam mendorong UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang.

"Penyiapan pendampingan dan pelatihan juga terus kami optimalkan agar para UMKM bisa terus mengembangkan produknya," katanya.

Gus Yani, sapaan akrabnya mengakui bahwa pandemi COVID-19 telah memberi dampak pada menurunnya daya beli masyarakat. Bahkan, hampir seluruh sektor terdampak mulai dari sekolah hingga ekonomi menurun.

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk terus patuh terhadap protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi. Karenanya, program vaksinasi merupakan sebuah ikhtiar yang harus didukung.

"Dengan melaksanakan program vaksinasi, semua berjalan dengan baik dan tumbuh perlahan mulai dari ekonomi, UMKM, pendidikan semua berjalan beriringan," katanya.

Terimakasih sudah membaca artikel Wagub Jatim Emil Dardak Minta Masyarakat Belanja di UMKM Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.