Wali Kota Bandung Sebut Lonjakan Kasus Covid-19 Belum Capai Puncak

Artikel Wali Kota Bandung Sebut Lonjakan Kasus Covid-19 Belum Capai Puncak di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Pemkot Bandung menyatakan, lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 belum mencapai puncaknya meski grafik sempat alami penurunan. Penambahan kasus harian Covid-19 yang terjadi pada masa Omicron sudah melebihi rekor kasus pada saat varian Delta pada pertengahan 2021.

”Sekarang (Omicron) sudah pernah sampai 1.500 hingga 1.600 kasus baru. Memang ada penurunan, tapi sekarang naik lagi di atas 1.000 orang. Mungkin karena belum puncaknya, ya,” kata Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana seperti dilansir dari Antara di Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/3).

Pada saat penyebaran varian Delta tahun lalu, pertambahan kasus baru Covid-19 paling banyak terjadi pada 23 Juli. Saat itu ada sebanyak 926 orang yang terkonfirmasi dalam satu hari.

Namun, pada saat penyebaran Omicron ini, rekor penambahan kasus baru hampir dua kali lipat lebih banyak dari saat Delta. Pada 24 Februari tercatat ada pertambahan kasus baru sebanyak 1.739 orang.

Wali kota minta masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan karena lonjakan Covid-19 diprediksi belum mencapai puncak. ”Kami minta masyarakat berhati-hati, lakukan vaksin dosis ketiga sesuai regulasi,” kata Yana.

Menurut dia, kunci untuk bisa menyudahi pandemi dan beralih ke endemi adalah masyarakat harus terus mengedepankan protokol kesehatan. Di samping itu, kata dia, vaksinasi pun menjadi poin penting untuk bisa mencapai kekebalan kelompok.

”Karena virus pasti terus bermutasi, salah satu upayanya adalah menggunakan masker karena itu menjadi tameng agar kita tidak terpapar dan tidak menularkan,” kata Yana Mulyana.

Adaptasi kebiasaan baru masih perlu diiringi dengan protokol kesehatan guna mengantisipasi wabah tersebut. Sebab, virus Covid-19 masih berpotensi terus bermutasi.

”Karena kalau sudah endemi, relaksasi apapun harus dibuka, aktivitas warga harus berjalan seperti sebelum pandemi. Prokes harus tetap dilakukan salah satunya masker,” tambah Yana.

Meski ada negara lain sudah tidak mewajibkan penggunaan masker, menurut dia, penyebaran Covid-19 melalui droplet (cipratan) masih tetap memungkinkan. Sehingga penggunaan masker masih akan terus disosialisasikan.

Selain itu, kata dia, penggunaan aplikasi PeduliLindungi dalam berbagai aktivitas masih merupakan hal yang penting sehingga penyaringan mobilitas masyarakat dapat terkendali oleh sistem dalam aplikasi tersebut. ”Tapi kami sampaikan kembali bahwa untuk sampai ke endemi, tentu kita butuh keputusan dari pemerintah pusat dan kajian dari para ahli,” ucap Yana.

Data terbaru, kasus terkonfirmasi Covid-19 Kota bandung bertambah 1.300 orang. Pada akhir Februari pertambahan kasus Covid-19 sudah lebih rendah yakni 517 orang. ”Sebelumnya pernah di angka 500 tapi saat ini naik lagi di atas 1.000 orang. Jadi pemkot terus mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” terang Yana .

Terimakasih sudah membaca artikel Wali Kota Bandung Sebut Lonjakan Kasus Covid-19 Belum Capai Puncak Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.