Di IIMS 2022 Suzuki Pamer Mesin Hybrid Baru Pakai Baterai Lithium Ion

Artikel Di IIMS 2022 Suzuki Pamer Mesin Hybrid Baru Pakai Baterai Lithium Ion di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memamerkan platform mobil dengan teknologi hybrid. Ini adalah sebuah prototipe sistem hybrid Suzuki yang diklaim baru, walaupun pihak Suzuki belum secara gamblang akan ditanamkan pada varian yang mana.

Namun Suzuki memastikan kalau sistem hybrid ini tak sama dengan hybrid yang dibenamkan pada Ertiga Diesel yang diluncurkan pada 2017 dan sudah discontinue. Pernyatakan ini dungkapkan Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menurut Donny salah satu perbedaan mendasar adalah sistem hybrid yang saat ini dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 sudah menggunakan baterai lithium-ion. Ini merupakan kesempatan Suzuki untuk menampilkan seperti apa teknologi elektrifikasi yang sudah dimilikinya.

“Kami mendisplay teknologi ini karena kami melihat teknologi ini cocok untuk kondisi di Indonesia,” ungkapnya saat pembukaan IIMS di JIExpo Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu (31/03).

Donny menambahkan kalau pihaknya menilai kalau sistem elektrifikasi seperti inilah menurut Suzuki paling sesuai dengan kondisi di Indonesia. “Teknologinya ramah lingkungan, irit bahan bakar selain itu cocok dengan kondisi jalan di Indonesia yang kebanyakan stop and go. Teknologi ini adalah Suzuki Smart Hybrid,” ujar Donny.

Sebuah teknologi hybrid memang telah digunakan Suzuki sejak lama. Ya, memang bila melihat kebelakang di tahun 2017 Suzuki sempat meluncurkan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. Namun perlu digaris bawahi rupanya teknologi hybrid ini terus berkembang di Suzuki.

“Yang bisa saya highlight penggunaan motor integrated starter generator (ISG) yang baru serta penggunaan lithium ion battery,” kata Donny.

Seperti diketahui kalau sebelumnya, teknologi hybrid yang pernah diperkenalkan Suzuki di 2017 pada model Ertiga Diesel Hybrid dikatakan sebagai hybrid ringan. Dimana pada Suzuki Ertiga Diesel Hybrid memakai mesin diesel dengan motor listrik yang didukung oleh aki 70 Ah.

“Ada tiga komponen utama di sistem ini yaitu mesin diesel D13A, baterai khusus 70 Ah dan ISG. Dimana ISG mempunyai dua fungsi dasar. Pertama sebagai generator,saat deselerasi ISG menangkap energi untuk charge ulang energi dan menyimpannya di baterai. Yang kedua ISG sebagai motor yang memberikan tambahan torsi ke mesin, saat akselerasi.

Saat disinggung apakah teknologi Suzuki Smart Hybrid ini merupakan awal untuk Suzuki Ertiga hybrid dan Suzuki XL7 hybrid, Donny masih menutup rapat kran informasi ini.

Terimakasih sudah membaca artikel Di IIMS 2022 Suzuki Pamer Mesin Hybrid Baru Pakai Baterai Lithium Ion Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.