Pemkot Surabaya Targetkan Pengurangan MBR hingga 300 Ribu pada 2022

Artikel Pemkot Surabaya Targetkan Pengurangan MBR hingga 300 Ribu pada 2022 di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Pemkot Surabaya menargetkan pengurangan jumlah warga yang masuk golongan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) hingga 300 ribu jiwa dari total warga MBR sebanyak 979.624 jiwa pada 2022.

”Bagaimana caranya? Pemerintah Kota bersama DPRD Surabaya serta para pemangku kepentingan terkait akan saling bersinergi untuk mengentaskan kemiskinan,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Kamis (7/4).

Menurut dia, Pemerintah Kota Surabaya terus berupaya meningkatkan kesejahteraan MBR dengan berbagai program, salah satunya dengan pencanangan program Padat Karya pada Maret. Untuk mendukung hal itu, lanjut dia, lahan bekas tanah kas desa (BTKD) yang tersebar di Kota Surabaya akan dioptimalkan untuk pemberdayaan bidang usaha pertanian dan bidang usaha nonpertanian.

Eri berharap, warga MBR bisa memanfaatkan aset milik Pemkot Surabaya, baik dalam sektor pertanian dan nonpertanian. Seperti jenis usaha cuci mobil, menjahit, rumah produksi batik, kafe, hingga sentra wisata kuliner.

”Surabaya memiliki banyak aset, untuk mengentaskan kemiskinan, gizi buruk maupun stunting, harus ada pekerjaan untuk warga kami yang menganggur,” ujar Eri.

Eri mengatakan, pemerintah yang berperan sebagai fasilitator, bertugas menunjang kegiatan masyarakat untuk menghasilkan pendapatan. Sehingga, menaikkan taraf hidup.

Menurut dia, lahan tersebut harus dimanfaatkan tenaga kerja yang berasal dari kalangan MBR Surabaya. Selain itu, pada proses pengolahan lahan, para MBR akan mendapat pendampingan para ahli.

Pemkot Surabaya juga membagi mereka dalam memanfaatkan lahan. Yakni berdasar lokasi tempat tinggal. Hal ini dilakukan, untuk upaya antisipasi adanya aset yang akan dimanfaatkan perseorangan.

”Jadi sudah ada nama-nama kelompok MBR yang bertanggung jawab di setiap lahan dan pasti akan menjadi pengawasan pemkot dan DPRD Surabaya,” papar Eri.

Terimakasih sudah membaca artikel Pemkot Surabaya Targetkan Pengurangan MBR hingga 300 Ribu pada 2022 Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.