Anti Peretasan! Ini 5 Cara Ampuh Lindungi Kata Sandi Anda

Artikel Anti Peretasan! Ini 5 Cara Ampuh Lindungi Kata Sandi Anda di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Kata sandi yang kuat biasanya lebih panjang dari delapan karakter, sulit ditebak. (foto: Yura Fresh / Unsplash)

JAKARTA - Kejahatan dunia maya sering kali dipicu karena kelalaian kita, karenanya kata sandi yang kuat sangat penting untuk keamanan data pribadi Anda.

Bahkan Anda memerlukan kata sandi yang unik untuk setiap media sosial, rekening bank, layanan streaming dan aplikasi Anda. Tetapi kebiasaan buruk kita menggunakan kredensial login yang sama untuk semua akun.

Jika data Anda disusupi, kata sandi yang lemah dapat memiliki konsekuensi serius seperti pencurian identitas. Untuk itu, berikut VOI jelaskan cara membuat dan mengelola kata sandi terbaik agar Anda selalu aman saat di dunia maya.

1. Gunakan Pengelola Kata Sandi untuk Melacak Kata Sandi

Kata sandi yang kuat biasanya lebih panjang dari delapan karakter, sulit ditebak dan mengandung berbagai karakter, angka, dan simbol khusus. Mungkin sulit untuk diingat, terutama jika Anda menggunakan login yang berbeda untuk setiap situs. Di sinilah pengelola kata sandi sangat berguna.

Anda bisa mencoba pengelola kata sandi tepercaya seperti 1Password atau Bitwarden yang dapat membuat dan menyimpan kata sandi Anda. Mereka bisa dioperasikan di desktop dan ponsel.

2. Cari Tahu Apakah Kata Sandi Anda Telah Dibobol

Anda tidak selalu dapat menghentikan kebocoran kata sandi Anda, baik melalui pelanggaran data atau peretasan berbahaya. Namun, Anda dapat memeriksa setiap saat untuk petunjuk bahwa akun Anda mungkin disusupi.

Monitor Firefox Mozilla dan Pemeriksaan Kata Sandi Google dapat menunjukkan kepada Anda alamat email dan kata sandi mana yang telah disusupi dalam pelanggaran data sehingga Anda dapat mengambil tindakan. Situa Have I Been Pwned juga dapat menunjukkan kepada Anda jika email dan kata sandi Anda telah diekspos.

3. Hindari Kombinasi Kata dan Karakter yang Umum

Ini bertujuan untuk membuat kata sandi yang tidak akan diketahui orang lain atau mudah ditebak. Jauhi kata-kata umum seperti kata sandi saya dan urutan karakter yang dapat diprediksi seperti qwerty.

Juga hindari menggunakan nama Anda, nama panggilan, nama hewan peliharaan Anda, ulang tahun atau hari jadi Anda, nama jalan Anda atau apa pun yang terkait dengan Anda yang dapat diketahui seseorang dari media sosial.

4. Buat Kata Sandi yang Lebih Panjang

Sebenarnya delapan karakter adalah kata sandi yang bagus untuk memulai. Electronic Frontier Foundation dan pakar keamanan Brian Krebs menyarankan untuk menggunakan frasa sandi yang terdiri dari tiga atau empat kata acak untuk keamanan tambahan.

Namun, frasa sandi lebih panjang yang terdiri dari kata-kata yang tidak terhubung mungkin sulit diingat, itulah sebabnya Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi.

5. Gunakan Otentikasi Dua Faktor, Tapi..

Jika pencuri mencuri kata sandi Anda, Anda masih dapat mencegah mereka mendapatkan akses ke akun Anda dengan otentikasi dua faktor yang juga disebut verifikasi dua langkah atau 2FA, perlindungan keamanan yang mengharuskan Anda memasukkan informasi kedua yang hanya Anda miliki (biasanya kode satu kali) sebelum aplikasi atau layanan memasukkan Anda.

Dengan cara ini, bahkan jika peretas mengungkap kata sandi Anda, tanpa perangkat tepercaya Anda (seperti ponsel dan kode verifikasi yang mengonfirmasi bahwa itu memang Anda, mereka tidak akan dapat mengakses akun Anda.

Meskipun secara umum lebih nyaman untuk menerima kode-kode ini dalam pesan teks ke ponsel Anda, itu cukup sederhana bagi peretas untuk mencuri nomor telepon Anda melalui penipuan pertukaran SIM dan kemudian mencegat kode verifikasi Anda.

Cara yang jauh lebih aman untuk menerima kode verifikasi adalah Anda membuat dan mengambilnya sendiri menggunakan aplikasi autentikasi seperti Authy, Google Authenticator atau Microsoft Authenticator. Dan setelah Anda siap, Anda dapat memilih untuk mendaftarkan perangkat atau browser Anda sehingga Anda tidak perlu terus memverifikasinya setiap kali Anda masuk. Demikian dikutip dari CNET, Senin, 23 Mei.

Terimakasih sudah membaca artikel Anti Peretasan! Ini 5 Cara Ampuh Lindungi Kata Sandi Anda Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.