Elon Musk Ajak Lembaga Investasi dan Konglomerat Lainnya, Terlibat dalam  Akuisisi Twitter

Artikel Elon Musk Ajak Lembaga Investasi dan Konglomerat Lainnya, Terlibat dalam  Akuisisi Twitter di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Elon Musk ajak konglomerat lainnya bantu akuisisi pendanaan Twitter.(foto: dok antara)

JAKARTA - Elon Musk dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan investasi besar dan individu dengan kekayaan bersih tinggi, tentang upaya mengambil lebih banyak pembiayaan untuk akuisisi 44 miliar dolar AS (Rp636,6 triliun) dari Twitter Inc. CEO Tesla ini berharap dapat menghemat lebih sedikit kekayaannya untuk memenuhi kesepakatan dengan pemilik saham di Twitter.

Pekan lalu, Musk mengungkapkan dia telah menjual saham Tesla senilai 8,5 miliar dolar AS (Rp123,4 triliun) menyusul kesepakatannya untuk membeli Twitter.

Pembiayaan baru, yang bisa datang dalam bentuk saham preferen atau ekuitas bersama, dapat mengurangi kontribusi tunai 21 miliar dolar AS yang Musk telah janjikan untuk kesepakatan serta pinjaman margin yang dia dapatkan dari saham Tesla-nya.

Menurut laporan Reuters, Bank-bank yang bulan lalu setuju untuk memberikan pinjaman senilai 13 miliar dolar AS berdasarkan bisnis Twitter, kabar sudah menolak untuk menawarkan lebih banyak utang untuk akuisisi Musk tersebut. Ini mengingat arus kas perusahaan yang berbasis di San Francisco itu terbatas.

Musk juga telah menjanjikan beberapa saham Tesla-nya ke bank untuk mengawal pinjaman margin  12,5 miliar dolar AS guna membantu mendanai kesepakatan dengan Twitter. Elon Musk kemungkinan berusaha untuk memangkas ukuran pinjaman margin berdasarkan minat investor baru dalam pembiayaan kesepakatan.

Menurut sebuah sumber Investor besar seperti perusahaan ekuitas swasta, dana lindung nilai (hedge fund) dan individu dengan kekayaan bersih tinggi sedang dalam pembicaraan dengan Musk tentang menyediakan pembiayaan ekuitas pilihan untuk akuisisi. Ekuitas pilihan akan membayar dividen tetap dari Twitter, dengan cara yang sama seperti obligasi atau pinjaman membayar bunga reguler tetapi akan dihargai sejalan dengan nilai ekuitas perusahaan.

Apollo Global Management Inc  dan Ares Management Corp  disebut-sebut adalah beberapa di antara perusahaan ekuitas swasta yang telah dalam pembicaraan tentang penyediaan pembiayaan.

Musk masih memutuskan apakah dia akan memiliki mitra yang bekerja sama dengannya dalam menulis pemeriksaan ekuitas yang diperlukan untuk kesepakatan itu. Musk kabarnya tidak berusaha untuk mengambil lebih banyak utang untuk kesepakatan Twitter saat ini.

“Musk juga telah melakukan pembicaraan dengan beberapa pemegang saham utama Twitter tentang kemungkinan mereka memasukkan saham mereka ke dalam kesepakatan daripada menguangkannya,” kata salah satu sumber. Bahkan mantan Kepala Eksekutif Twitter dan anggota dewan saat ini, Jack Dorsey, sedang memeriksa apakah dia akan mengambil keputusan untuk bersama mendukung pendaan Musk.

Investor institusional besar, seperti Fidelity, juga sedang dalam pembicaraan tentang penggulingan saham mereka.

Musk telah men-tweet bahwa dia akan mencoba untuk menjaga sebanyak mungkin investor di Twitter saat dia menjadikan perusahaan itu menjadi privat.

Sumber meminta anonimitas karena masalah ini bersifat rahasia. Sementara Musk, Dorsey, Fidelity, Apollo, dan Ares tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters, tentang laporan ini.

Saham Tesla mengakhiri perdagangan pada hari Senin, 2 Mei  di New York naik 3,7% menjadi 902,94 dolar AS per lembar. Managing Director Wedbush Securities, Dan Ives, mengatakan berita itu membantu meredakan kekhawatiran investor bahwa Musk terlalu mengandalkan saham Tesla-nya untuk pembiayaan kesepakatan Twitter.

"Ini besar jika terwujud karena kami percaya kesepakatan Twitter telah menjadi $ 100+ per saham yang menggantung di saham Tesla karena masalah pembiayaan Musk," tweet Ives.

Investor telah mengkhawatirkan apakah Musk akan menyelesaikan kesepakatan Twitter mengingat ia telah mundur di masa lalu. Pada bulan April, dia memutuskan pada menit terakhir untuk tidak duduk di dewan Twitter. Pada tahun 2018, Musk men-tweet bahwa ada "pendanaan dijamin" untuk kesepakatan 72 miliar dolar AS untuk menjadikan Tesla pribadi tetapi tidak melanjutkan dengan tawaran.

Musk harus membayar biaya penghentian  1 miliar dolar AS ke Twitter jika dia pergi, dan perusahaan media sosial juga dapat menuntutnya untuk menyelesaikan kesepakatan.

Musk, yang menyebut dirinya absolutis kebebasan berbicara, telah mengkritik kebijakan moderasi Twitter. Dia ingin algoritma Twitter untuk memprioritaskan tweet menjadi publik dan menolak memberikan terlalu banyak kekuatan pada layanan kepada perusahaan yang beriklan.

Terimakasih sudah membaca artikel Elon Musk Ajak Lembaga Investasi dan Konglomerat Lainnya, Terlibat dalam  Akuisisi Twitter Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.