Jogjakarta Siap Longgarkan Aturan Pakai Masker dengan Pembatasan

Artikel Jogjakarta Siap Longgarkan Aturan Pakai Masker dengan Pembatasan di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Pemkot Jogjakarta siap menerapkan aturan terbaru dalam penanganan Covid-19. Yakni melonggarkan aturan penggunaan masker dengan mengizinkan warga membuka masker di tempat terbuka namun tetap menerapkan pembatasan.

”Kalau aturan itu sudah menjadi kebijakan, ya, kami akan terapkan juga untuk bisa membuka masker di area terbuka,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogjakarta Heroe Poerwadi seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta.

Meskipun demikian, Heroe mengingatkan, pelonggaran aturan tersebut masih diikuti dengan beberapa aturan pembatasan yang harus dipatuhi. Di antaranya tidak terdapat kerumunan dalam jumlah besar di area terbuka. Warga lanjut usia dan warga yang memiliki penyakit penyerta juga tidak serta merta diizinkan membuka masker di area terbuka.

”Begitu pula dengan warga yang sedang batuk atau pilek tetap diminta mengenakan masker untuk mengurangi potensi penularan,” terang Heroe.

Bagi warga yang merasa lebih nyaman untuk tetap mengenakan masker, lanjut Heroe, lebih baik tetap mengenakan masker meskipun di area terbuka. Penggunaan masker juga tetap wajib dilakukan di area tertutup dan kendaraan umum.

Heroe menjelaskan, beberapa kegiatan yang berpotensi mendatangkan banyak orang, seperti konser atau pertunjukan seni dan budaya, dapat digelar dengan mempertimbangkan pembatasan-pembatasan yang dilakukan.

”Akhir pekan lalu, Kota Jogjakarta juga menyelenggarakan Jogja Cross Culture di Malioboro. Protokol kesehatan tetap dipatuhi dalam penyelenggaraannya,” papar Heroe.

Sedangkan untuk perkembangan kasus, Heroe menambahkan, kasus Covid-19 di Kota Jogjakarta dalam kondisi terkendali dan tidak ada tren kenaikan kasus berselang dua pekan setelah Lebaran.

”Kami akan pantau hingga akhir pekan ini bagaimana perkembangannya. Mudah-mudahan memang terkendali,” ucap Heroe.

Terkendalinya kasus Covid-19 di Kota Jogjakarta, menurut Heroe, dimungkinkan karena tingginya capaian vaksinasi dosis primer dan dosis penguat. Vaksinasi dosis primer sudah mencapai 257 persen dan dosis penguat mencapai 82 persen.

”Mudah-mudahan memang kekebalan masyarakat sudah terbentuk,” ujar Heroe.

Hingga Senin (16/5), kasus aktif Covid-19 di Kota Jogjakarta tersisa empat kasus setelah tidak ada penambahan kasus harian dengan satu pasien dinyatakan sembuh.

Terimakasih sudah membaca artikel Jogjakarta Siap Longgarkan Aturan Pakai Masker dengan Pembatasan Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.