Kesampingkan Penggunaan Senjata Nuklir di Ukraina, Kemlu Rusia: Tidak akan Ada Pemenang

Artikel Kesampingkan Penggunaan Senjata Nuklir di Ukraina, Kemlu Rusia: Tidak akan Ada Pemenang di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca
Ilustrasi penembakkan Rudal Balistik Antar-Benua Bulava dari kapal selam Rusia. (Sumber: Kementerian Pertahanan Rusia)

JAKARTA - Penggunaan senjata nuklir Rusia di Ukraina dikesampingkan karena ini tidak sesuai dengan tujuan operasi militer khusus, kata Wakil Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Alexey Zaitsev pada Hari Jumat.

"Skenario penggunaan senjata nuklir potensial kami dengan jelas ditentukan dalam dokumen doktrinal Rusia. Mereka tidak berlaku untuk pelaksanaan tugas yang ditetapkan dalam operasi militer khusus di Ukraina," jelasnya melansir TASS 6 Mei.

Lebih lanjut diplomat Rusia tersebut menekankan, pihaknya siap mengantisipasi berbagai provokasi yang dilakukan oleh Barat dan Ukraina.

"Kita harus siap dengan segala perkembangan di ruang media dan langsung di lapangan," tegasnya.

"Rusia dengan tegas mematuhi prinsip, tidak akan ada pemenang dalam perang nuklir dan itu tidak boleh dilepaskan," tandas Zaitsev.

Sebelumnya, Direktur CIA William Burns mengatakan pada 14 Apri, kemunduran yang dialami Rusia di Ukraina, "tidak seorang pun dari kita dapat menganggap enteng ancaman yang ditimbulkan oleh potensi penggunaan senjata nuklir taktis atau senjata nuklir hasil rendah," seperti mengutip Reuters.

Meski demiian, badan intelijen Amerika Serikat tersebut belum melihat banyak bukti praktis yang memperkuat kekhawatiran itu.

Diketahui, invasi Rusia ke Ukraina telah menyebabkan ribuan orang tewas atau terluka, kota-kota menjadi puing-puing dan memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi ke luar negeri. Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi khusus" untuk mendemilitarisasi tetangganya.

Terimakasih sudah membaca artikel Kesampingkan Penggunaan Senjata Nuklir di Ukraina, Kemlu Rusia: Tidak akan Ada Pemenang Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.