Siap Tampung 40 Ribu Jamaah, Ini Syarat Salat Id di Masjid Al Akbar

Artikel Siap Tampung 40 Ribu Jamaah, Ini Syarat Salat Id di Masjid Al Akbar di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Umat muslim bisa melaksanakan salat Idul Fitri atau Salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya pada Senin (2/5). Kapasitas masjid diperkirakan bisa menampung hingga 40.000 jamaah.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy Noor menuturkan, Salat Id tahun ini tanpa ada pembatasan ataupun jarak. Sebab, kasus Covid-19 mulai menurun.

”Masjid Al Akbar mampu menampung hingga 40 ribu jamaah,” ujar Helmy Noor pada Minggu (1/5) malam.

Terdapat beberapa syarat dan imbauan bagi umat muslim yang akan beribadah di masjid Al Akbar. Di antaranya adalah menyucikan diri atau sudah berwudu dari rumah.

”Bukan tidak boleh melakukan wudu di sini. Tujuannya agar lebih praktis,” terang Helmy Noor.

Kedua, alas kaki seperti sandal atau sepatu diminta dimasukkan ke tas. Sehingga usai ibadah, jamaah tidak bingung mencari sandal atau sepatunya.

”Nanti kami menyiapkan 10 ribu tas. Kami ingin semua nyaman, selesai salat tinggal bertemu dengan keluarga tidak perlu mencari-cari sandal,” ujar Helmy Noor.

Jamaah juga diminta untuk datang lebih awal, mengingat Masjid Al Akbar melaksanakan Salat Id tepat pukul 06.00 WIB. ”Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pintu masuk yang dilalui. Sebab, di Masjid Al Akbar terdapat 45 pintu masuk. Mohon tidak saling mencari keluarga dan kebingungan,” tutur Helmy Noor.

Bagaimana dengan kapasitas tempat parkir? Helmy memastikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Surabaya. Bila tempat parkir di dalam masjid sudah penuh, bisa parkir di luar masjid.

”Untuk tarif parkir di dalam maupun di luar masjid harganya tetap sama,” ujar Helmy Noor.

Besok (2/5), KH Abdul Hamid Abdullah akan menjadi imam Salat Id dan khotib KH Fachrur Rozi. Rencananya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga hadir di tempat itu.

Terimakasih sudah membaca artikel Siap Tampung 40 Ribu Jamaah, Ini Syarat Salat Id di Masjid Al Akbar Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.