Iwan Bule: Kalau Bisa, Shin Tae-yong Hanya Memegang Timnas U-20

Artikel Iwan Bule: Kalau Bisa, Shin Tae-yong Hanya Memegang Timnas U-20 di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com-Rapor Shin Tae-yong (STY) bersama tim nasional senior Indonesia kurang memuaskan.

Sebelum menjalani laga kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait tadi malam, pelatih asal Korea Selatan itu sudah melalui 20 pertandingan bersama timnas senior. Hasilnya, Indonesia mencatatkan 9 kemenangan, 5 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menilai capaian itu tidak terlepas dari banyaknya tugas STY. Pelatih 51 tahun tersebut tidak hanya menangani timnas senior, tetapi juga timnas U-23 dan U-19.

Efek dari banyak tugas STY tersebut bahkan sempat membuat timnas senior tidak menggelar FIFA Matchday pada periode Maret. Keputusan itu diambil karena STY sedang menggelar pemusatan latihan untuk timnas U-19 di Korea Selatan.

Iriawan ingin mencari solusi atas banyaknya tugas STY. Rencananya, sepulang dari mengarungi babak kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait, mantan gelandang serang Queensland Roar itu akan diajak berdiskusi.

STY akan diberi penawaran untuk fokus pada timnas U-20. Sebab, tahun depan, timnas Indonesia U-20 menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

”Kalau masih memegang tiga tim nasional, STY keteteran. Jadi, kami akan bicara dengan STY. Kalau bisa, dia hanya memegang timnas U-20. Timnas senior dan U-23 akan dipegang pelatih lain,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Sebenarnya, sejak awal dikontrak, Iriawan ingin STY fokus di timnas U-20. Namun, saat itu STY juga ingin menangani timnas U-23 dan senior.

”Tujuan STY baik. Dia ingin melihat perkembangan dari junior ke senior. Tapi, setelah berjalan sampai sekarang, kami melihat STY kewalahan,” tegas mantan Kapolda Jawa Barat itu.

Mantan pelatih Persija yang kini menukangi klub Liga Qatar Umm Salal SC Sergio Farias pernah menjadi pelatih kelompok umur untuk timnas Brasil. Yaitu, timnas Brasil U-17 dan U-20.

Menurut dia, menjadi pelatih timnas harus fokus. Tidak boleh memecah konsentrasi dengan melatih timnas lain.

Farias heran mengapa PSSI memberikan izin bagi STY untuk melatih tiga timnas sekaligus. ”Sekarang apa yang dilakukan PSSI tidak membuahkan hasil. Jadi, harus ada perubahan,” ucap pelatih asal Brasil tersebut.

Ya, prestasi STY bersama timnas U-23 juga kurang bersinar. Pada SEA Games 2021 Vietnam, STY sebenarnya diberi target medali emas. Namun, timnas Indonesia U-23 hanya bisa meraih medali perunggu.

Terimakasih sudah membaca artikel Iwan Bule: Kalau Bisa, Shin Tae-yong Hanya Memegang Timnas U-20 Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.