Lahan Mangrove Indonesia Hampir 50 Kali Luas Singapura

Artikel Lahan Mangrove Indonesia Hampir 50 Kali Luas Singapura di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan luas lahan mangrove di Indonesia mencapai 3,63 juta hektare (ha). Atau hampir 50 kali negara Singapura, yang memiliki luas 72.860 hektar. Meskipun begitu gerakan penanaman mangrove terus dilakukan berbagai kalangan masyarakat.

Diantaranya dilakukan oleh DPP Gerakan Pemuda NasDem (GPND). Secara serentak mereka melakukan penanaman mangrove di tujuh provinsi. Penanaman mangrove yang dihadiri Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar itu dipusatkan di Kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke du Jakarta Utara pada Senin (13/6). Lokasi lainnya antara lain Sumatera Utara, Jawa Timur, Riau, dan Sulawesi Tenggara.

Ketua Umum DPP GPND Prananda Surya Paloh mengatakan, garis pantai Indonesia mencapai 95.181 km. Menurut dia, fakta tersebut menggambarkan tantangan besar untuk menjaga keseimbangan ekologis pesisir supaya tetap terjaga. “Salah satunya dengan ekosistem mangrove,” katanya.

Prananda mengatakan, berdasarkan data dari BPS Tahun 2021, luas ekosistem mangrove di Indonesia mencapai 3,63 juta ha. Luasan ini setara dengan 20,37 persen dari total luas ekosistem mangrove di dunia.

“Angka tersebut merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk Indonesia menempatkan mangrove sebagai prioritas utama dalam upaya menjaga keseimbangan ekologis pesisir,” jelasnya.

Dia mengapresiasi Dukungan Kementerian LHK pada upaya pemuda dalam menyelesaikan dan mengantisipasi permasalahan lingkungan hidup. Prananda menjelaskan, Restorasi Lingkungan yang mereka lakukan adalah manifestasi nyata kami untuk menunjukkan bahwa pemuda harus ikut serta berpartisipasi aktif pada isu lingkungan hidup.

“Konservasi ekologis merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim. Krisis Perubahan Iklim telah mengancam perekonomian dan mempercepat kerusakan keragaman hayati laut,” tuturnya.

Anggota DPR itu menegaskan, Gerakan Pemuda NasDem berkomitmen penuh memperjuangkan isu-isu lingkungan. Menurutnya program ramah lingkungan adalah program yg berorientasi masa depan dan masa kini.

Ketua Pelaksana Penanaman Mangrove GPND Peduli Mangrove Chepy Aprianto mengatakan, penanaman manggrove tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, panitia mengusung tema Semangat Restorasi Merawat Bumi. Tujuannya sebagai bentuk kampanye atau mengajak masyarakat untuk merawat bumi.

Sementara itu pemerintah juga semakin gencar melakukan penanaman mangrove. Contohnya pada 10 Juni lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan program rehabilitasi mangrove dan World Mangrove Center (Pusat Mangrove Dunia) di Persemaian Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan, program rehabilitasi tersebut dimaksudkan sebagai upaya pemulihan lahan terdegradasi melalui konservasi dan tata kelola mangrove. Dia menyebut 600 ribu hektar lahan mangrove ditargetkan rampung pada akhir tahun 2024.

Terimakasih sudah membaca artikel Lahan Mangrove Indonesia Hampir 50 Kali Luas Singapura Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.