Malaysia Larang Ekspor Ayam, Singapura Terdampak, Beralih ke Ayam Beku

Artikel Malaysia Larang Ekspor Ayam, Singapura Terdampak, Beralih ke Ayam Beku di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Pemerintah Malaysia menghentikan ekspor ayam sejak Rabu (1/6). Kebijakan itu berlaku selama sebulan penuh. Tujuannya, harga ayam di dalam negeri stabil. Pun demikian dengan bahan pokok lainnya.

Namun pada hari pertama pemberlakuan kebijakan tersebut, harga daging ayam justru melonjak hampir dua kali lipat. Harga ayam saat ini mencapai MYR 17 (Rp 56 ribu) per kilogram. Padahal, pemerintah menetapkan batas atas harga ayam per kilogram MYR 8,90 atau setara Rp 29.500. Itu berlaku mulai 5 Februari lalu. Sejak kebijakan itu diberlakukan, harga ayam memang naik turun. Namun, harganya paling murah MYR 10 atau Rp 33 ribu.

Pedagang mengaku tidak bisa menurunkan harga. Sebab, harga dari peternak sudah tinggi. Itu dipicu meningkatnya biaya pakan dan berbagai hal lainnya. Ayam dari peternak dikirim kepada supplier dulu baru ke pedagang. Rantai distribusi itu juga memicu kenaikan harga.

Tak hanya penduduk Malaysia yang kelimpungan. Warga Singapura juga. Selama ini sepertiga suplai daging ayam di Singapura berasal dari Malaysia. Per bulan mereka mengimpor sekitar 3,6 juta ayam utuh. Sehari sebelum Malaysia menghentikan ekspor, penduduk Singapura berbondong-bondong menyetok daging ayam.

Namun, bagi para pemilik restoran, berkurangnya suplai ayam adalah bencana. Selama ini Singapura terkenal dengan menu nasi ayam Hainan. Beberapa tempat makan mengaku akan mencari alternatif menu lain selain ayam. Sebagian lainnya memilih menurunkan sedikit kualitas dengan memakai ayam beku.

’’Larangan itu (ekspor ayam Malaysia, Red) artinya kami tidak bisa jualan lagi. Ini seperti McDonald’s tapi tanpa burger,’’ ujar Daniel Tan, pemilik tujuh kios nasi ayam OK Chicken Rice.

Badan Pangan Singapura sudah meminta penduduk untuk menggunakan ayam beku lebih dulu. Daging ayam beku itu diimpor dari berbagai negara. Salah satunya Brasil. Jika tidak mau, mereka bisa menggunakan menu alternatif lainnya seperti daging ataupun ikan. Mereka mendesak penduduk agar tidak panik dan menyetok ayam terlalu banyak.

Terimakasih sudah membaca artikel Malaysia Larang Ekspor Ayam, Singapura Terdampak, Beralih ke Ayam Beku Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.