Pekan Ini Lelang Proyek Jalan Joyoboyo-Aloha Sidoarjo Sudah Dimulai

Artikel Pekan Ini Lelang Proyek Jalan Joyoboyo-Aloha Sidoarjo Sudah Dimulai di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Minggu ini, lelang proyek pelebaran Jalan Joyoboyo arah Desa Bangah dan Jalan Raya Surabaya–Malang di pertigaan Aloha, Sidoarjo, dimulai. Pekan depan, penertiban bangunan terdampak segera dilakukan. Targetnya, Oktober semua sudah rampung.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Pemkab Sidoarjo Dwi Eko Saptono mengatakan, beberapa hari ini tender bakal dibuka dan bisa diakses di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kabupaten Sidoarjo untuk proses lelang online.

Proses lelang butuh waktu sekitar satu bulan. Artinya, pertengahan Juli pemenang ditetapkan dan pekerjaan fisik pelebaran bisa dimulai. ’’Proses pekerjaannya hanya tiga bulan, sehingga Oktober targetnya selesai,’’ ungkapnya.

Dwi menyebut kebutuhan lahan untuk pelebaran itu mencapai 4.392 meter persegi. Ada dua titik yang dilebarkan. Titik pertama berada di sisi selatan Jalan Joyoboyo hingga menyentuh Jalan Joyoboyo. Panjangnya 40 meter. Titik kedua berada di utara Jalan Joyoboyo hingga di depan Barokah Motor. Panjangnya 185 meter. Dengan begitu, panjang jalan yang dilebarkan 225 meter. Semua berada di sisi barat Jalan Raya Surabaya–Malang.

Jalan dilebarkan antara 3,5 meter hingga 4 meter. Dwi menyebut seluruh lahan itu milik TNI Angkatan Laut (AL) dan dihibahkan ke Pemkab Sidoarjo. ’’Pencatatan administrasinya ada di Lantamal 5. Tapi, yang mengelola adalah Lanudal Juanda,’’ katanya.

Di dalam lahan itu, ada beberapa lapak pedagang dan disewakan oleh Lanudal ke beberapa pedagang. Dwi mengatakan, yang berwenang menertibkan adalah Lanudal Juanda.

Berdasar hasil koordinasi, minggu pertama bulan ini Lanudal Juanda akan mengidentifikasi seluruh lapaknya. Sementara ada 52 bangunan. Nah, pada minggu kedua, bangunan itu mulai ditertibkan. Dengan begitu, saat proses lelang rampung, lahan di sana sudah siap untuk dibangun.

Dwi mengatakan, setelah pelebaran jalan di pertigaan itu selesai, giliran proses pembangunan flyover Aloha. ’’Flyover Aloha ini dilelang pada Juli. Nah, kalau dalam lelang butuh dua bulan, September diperkirakan sudah ada pemenang lelang Aloha,’’ ucapnya. Pelaksanaan pembangunan bisa jadi awal Oktober. ’’Masa pekerjaannya mulai Oktober sampai Februari 2024,’’ ungkapnya.

Artinya, begitu pertigaan Aloha selesai, berlanjut ke pembangunan flyover yang juga sama-sama dilakukan Oktober. ’’Sehingga pas, pertigaan selesai, pembangunan flyover Aloha dimulai. Pembangunannya saling menyambung,’’ ujarnya. Dengan begitu, tidak sampai memperparah kemacetan.

Terimakasih sudah membaca artikel Pekan Ini Lelang Proyek Jalan Joyoboyo-Aloha Sidoarjo Sudah Dimulai Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.