Masa Reses, Anggota DPD RI Sambang ke Pesantren di Gresik

Artikel Masa Reses, Anggota DPD RI Sambang ke Pesantren di Gresik di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Masa reses dimanfaatkan Anggota DPD RI asal Jawa Timur Ahmad Nawardi keliling ke sejumlah pondok pesantren (Ponpes). Rabu (20/7), alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya itu bersilaturrahmi ke Ponpes Al Karimi, Tebuwung, Kecamatan Dukun. Salah satu cikal bakal pesantren tertua di Gresik yang didirikan KH Abdul Karim (Mbah Karim) pada 1864.

Dalam kunjungan tersebut, Nawardi langsung diterima Pengasuh Ponpes Al Karimi KH Abdul Muhsi. Kedua tokoh itupun ngobrol dengan gayeng disertai joke-joke segar. ‘’Sebetulnya, kami sudah lama ingin silaturahmi ke pesantren ini, sekalian berziarah ke makam Almaghfurlah Mbah Karim. Alhamdulillah, hari ini sudah kesampaian,’’ ujar Nawardi.

Senator kelahiran Madura ini memang dikenal sangat rajin bersilaturrahmi ke pesantren dan berziarah ke makam para alim ulama. Kebiasaan itu dilakukan bukan hanya saat menjadi anggota DPD RI. Namun, sudah sejak remaja. ‘’Ada banyak manfaat. Yang terpenting ngalap barokah. Termasuk kepada almaghfurlah Mbah Karim,’’ ungkapnya.

Memang, Mbah Karim termasuk tokoh besar di Gresik pada zamannya. Bahkan, keturunan beliau juga merupakan pendiri pesantren-pesantren besar di wilayah Gresik dan sekitarnya. Yang terus berkembang saat ini. Beberapa di antaranya Ponpes Qomaruddin, Bungah; Ponpes Tharbiyatut Tholabah, Kranji, Paciran, Lamongan, dan beberapa pesantren lain.

Mbah Karim adalah salah seorang putera dari KH Abdul Qohar asal Paciran, Lamongan, dan Nyai Sarwilah. Beliau merupakan keturunan keduabelas dari Raden Qosim alias Sunan Drajat, salah seorang Walisongo.

Menurut Ahmad Mufissalam, salah seorang pengasuh Ponpes Al Karimi, selama hidup Mbah Karim nyantri di beberapa pesantren sepuh. Selain itu, Mbah Karim juga pernah menimba ilmu di Tanah Hijaz, Makkah. Satu angkatan dengan Syaikh Nawawi Al Bantani dan beberapa ulama lainnya.

Saat di Hijaz itu, para ulama nusantara memiliki komunitas bernama Al-Jawi. Salah seorang guru mereka adalah Syaikh Ahmad Khatib Assambasi, ulama besar pencetus tariqat Qodariyah wa Naqsabandiyah.

Mbah Karim juga memiliki korelasi erat dengan Syaikhona Kholil Bangkalan. Seorang ulama besar nusantara yang melahirkan banyak kiai hingga bertumbuh ribuan pesantren di Indonesia sekarang.

Salah satu di antaranya Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, pendiri Ponpes Tebuireng Jombang dan muassis Nahdlatul Ulama (NU). ”Terima kasih atas kunjungannya. Semoga silaturrahmi ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua,” kata KH Abdul Muhsi didampingi Gus Salam.

Selain ke Pesantren Al Karimi, Nawardi juga berkunjung Ponpes Qomaruddin Bungah. Dalam kesempatan itu, dia turut menyapa para siswa-siswi SMA Assa’adah yang sedang mengikuti masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

 

Terimakasih sudah membaca artikel Masa Reses, Anggota DPD RI Sambang ke Pesantren di Gresik Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.