Menkes Segera Kirim Reagen Cacar Monyet ke BBLK Palembang

Artikel Menkes Segera Kirim Reagen Cacar Monyet ke BBLK Palembang di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin menyebutkan, segera mengirimkan cairan pendeteksi atau reagen cacar monyet ke seluruh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) di Indonesia. Termasuk Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Budi Gunawan Sadikin mengatakan, pengiriman reagen tersebut segera dilakukan kementerian kesehatan setelah memastikan kesiapan sarana dan prasarana di BBLK Palembang.

”Kami cek kesiapan di sini (BBLK Palembang), ternyata sudah siap alatnya pun sudah lengkap jadi tinggal kirim barangnya saja (reagen),” kata Budi seperti dilansir dari Antara di BBLK Palembang.

Menurut dia, tujuan pengiriman reagen tersebut supaya pelaksanaan pemeriksaan sampel pasien terindikasi cacar monyet di laboratorium kesehatan di tingkat daerah bisa berlangsung cepat dan optimal. Sebab, sejauh ini pemeriksaan masih terpusat di Jakarta.

Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan sebanyak 1.500 buah reagen yang pengirimannya dilakukan dalam waktu dekat secara bertahap mencakup ke seluruh laboratorium kesehatan di Indonesia. Sehingga, penyebaran penyakit yang disebabkan infeksi virus bernama monkeyfox tidak masuk ke Indonesia.

”Memang sebelumnya pernah ada 9 kasus yang diduga terjangkit, namun setelah dites, hasilnya negatif. Tapi mitigasi adalah nomor satu. Kemudian surveilansnya juga mesti bagus,” kata Budi.

Kementerian Kesehatan dalam waktu dekat juga akan mendatangkan sebanyak seribu obat cacar monyet yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan seribu pasien.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan Trisnawarman mengatakan, belum ada kasus pasien terjangkit cacar monyet di 17 kabupaten/kota. Dia mengimbau, bagi masyarakat yang memiliki gejala diharapkan untuk segera memeriksakan diri ke setiap fasilitas layanan kesehatan.

”Upaya pencegahan dan antisipasi sudah kami lakukan secara masif mulai dari sosialisasi, kesiapan sarana prasarana, jika ada gejala di masyarakat, tenaga kesehatan kami akan segera menindaklanjutinya,” kata Trisnawarman.

Gejala tersebut misalnya seperti merasakan demam, badan meriang, keluar bercak-bercak di tubuh. ”Nah cairan yang keluar dari bercak ini harus di tes, diambil sampelnya. Jika positif, harus diisolasi dan ditangani. Dua sampai empat minggu bisa sembuh,” papar Trisnawarman.

Terimakasih sudah membaca artikel Menkes Segera Kirim Reagen Cacar Monyet ke BBLK Palembang Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.