Pembebasan Lahan Belum Rampung, BPN Jamin Tak Ganggu Pembangunan IKN

Artikel Pembebasan Lahan Belum Rampung, BPN Jamin Tak Ganggu Pembangunan IKN di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com – Jelang pembangunan infrastrukur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara bulan depan, urusan pembebasan lahan ternyata belum tuntas. Setidaknya, masih ada sekitar 800 hektar (ha) tanah yang masih jadi sengketa.

Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait mengenai hal ini. Dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) misalnya. Koordinasi dilakukan lantaran ada kawasan hutan yang masuk dalam wilayah pembangunan IKN.

“Juga dengan kepala otoritas untuk menyelesaikan RDTR (rencana detail tata ruang, red),” ujarnya dalam konferensi pers Rakernas Kementerian ATR/BPN di Jakarta, Selasa (26/7).

RDTR ini, lanjut dia, sejatinya sudah rampung. Pihaknya telah membuat empat RDTR untuk pembangunan IKN. Namun, implementasinya masih menunggu pembebasan kawasan hutan dan lahan yang harus diselesaikan.

Jika pembebasan lahan ini rampung, maka master plan yang sudah dibuat oleh kepala otorita juga dapat dijalankan. “Pembangunan langsung berjalan,” katanya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara (Jubir) Menteri ATR/BPN Teguh Hari Prihatono mengamini, jika masih ada lahan seluas 800 ha yang masih dalam proses pembebasan. Kondisinya beragam, ada yang masih menjadi milik masyarakat, tumpang tindih antara hak guna usaha dengan masyarakat, hingga tanah milik perusahaan.

Namun, ia menjanjikan, jika proses ini akan rampung dalam waktu dekat. “Bukan belum clear. Memang sementara prosesnya demikian. InsyaAllah ke depan bakal selesai,” ungkapnya.

Teguh pun memastikan, proses pembebasan lahan ini tidak akan berpengaruh terhadap rencana pembangunan infrastruktur IKN yang akan dimulai Agustus. Sebab, pembangunan dilakukan bertahap berdasarkan prioritas-prioritas yang telah disusun.

Di mana, untuk kawasan inti yang masuk list prioritas sudah clear mengenai lahannya. “Untuk target 2024 bisa dipastikan tidak bermasalah,” tandasnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Pembebasan Lahan Belum Rampung, BPN Jamin Tak Ganggu Pembangunan IKN Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.