Total Ada 439 Ribu Hewan Ternak yang Dikurbankan Hari Ini

Artikel Total Ada 439 Ribu Hewan Ternak yang Dikurbankan Hari Ini di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak atas kelancaran pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 H di Jatim. Khususnya terkait terpenuhinya kebutuhan hewan kurban juga kelancaran lalu lintas pengiriman hewan kurban.

Secara umum, ketersediaan hewan kurban di Provinsi Jawa Timur aman bahkan surplus. Jumlah ternak kurban yang tersedia di Jatim lebih besar dibanding dengan prediksi jumlah kebutuhan hewan kurban.

”Alhamdulilah, kebutuhan hewan kurban di Jawa Timur terpenuhi hingga malam ini dan lalu lintas hewan ternak lancar dan tertib,” kata Khofifah di Makkah, Sabtu (9/7) malam.

Dan yang tak kalah penting, ditegaskan Gubernur Khofifah, animo warga Jatim dalam melaksanakan ibadah kurban juga sangat tinggi. Hal itu menjadi penting sebab sempat ada kekhawatiran minat umat muslim berkurban akan menurun di tengah wabah PMK.

Namun menurut dia, hal itu tidak terjadi di Jatim. Meski di tengah wabah, animo umat Islam berkuban masih tinggi. Total ada 439.974 hewan yang disembelih pada Idul Adha 1443 H. Baik sapi, kambing, maupun domba.

”Suasana Hari Raya Kurban tahun ini sangat kondusif. Animo masyarakat cukup tinggi untuk berkurban. Ini menjadi berkah bagi seluruh peternak Jatim, di tengah wabah PMK, kepercayaan warga pada sistem pengawasan hewan kurban di Jatim juga tinggi. Seluruh hewan kurban yang dijual ke masyarakat dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi,” ujar Khofifah.

Khofifah menjelaskan, seluruh hewan ternak yang dipotong untuk kurban telah dilakukan melalui beberapa tahap. Terutama diperiksa dokter hewan yang dibuktikan dengan penerbitan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Berdasar data yang dihimpun Disnak Jatim, jumlah pemotongan hewan kurban di Provinsi Jawa Timur mencapai 80.286 ekor sapi. Dengan rincian dipotong di RPH 1.230 ekor dan dipotong di luar RPH 79.056 ekor.

Kemudian total hewan kurban kambing 300.150 ekor. Dengan rincian dipotong di RPH 3.690 ekor dan dipotong di luar RPH 296.460 ekor. Sedangkan domba, total pemotongan sebanyak 59.538 ekor. Dengan rincian dipotong di RPH 246 ekor dan dipotong di luar RPH 59.292 ekor.

”Hewan kurban yang disembelih dipastikan telah dilakukan pemeriksaan petugas medis dan paramedis veteriner dengan diterbitkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang menyatakan bahwa ternak tersebut dalam keadaan sehat,” jelas Khofifah.

Dia menambahkan, 12 jam sebelum dilakukan penyembelihan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan ante mortem atau pengecekan fisik setiap hewan yang akan masuk di RPH. Begitu juga setelah dilakukan pemotongan juga dilakukan post mortem.

”Allhamdulillah dari hewan yang akan disembelih tidak ada indikasi terjangkit PMK. Begitu juga setelah dilakukan pemotongan tidak ditemukan adanya Post Mortem atau bagian hewan yang sakit,” terang Khofifah.

Sejak dilaporkan pertama kali munculnya wabah PMK di Jatim awal Mei hingga jelang perayaan Idul Adha, lanjut Khofifah, terdapat Surat Edaran Menteri Pertanian Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kurban dan Pemotongan Hewan Dalam Situasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (Foot And Mouth Disease).

Dalam SE disebut tempat pemotongan hewan kurban dapat dilakukan di Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) dan di luar RPH-R. Seluruh tempat penyembelihan harus mendapat persetujuan dari Dinas Peternakan kabupaten/kota dan memenuhi persyaratan.

”Saya telah mengimbau masyarakat maupun masjid agar melaksanakan penyembelihan di RPH atau tempat penyembelihan hewan kurban baik di masjid maupun musala yang ditunjuk. Ini demi keamanan dan kenyamanan bersama,” kata Khofifah.

Dia minta masyarakat yang ingin melakukan penyembelihan secara mandiri memastikan persetujuan dari dinas terkait khususnya pejabat yang membidangi peternakan seperti pejabat otoritas veteriner (POV).

”Saya imbau kepada camat dan kepala desa untuk memastikan agar ada persetujuan dari pejabat dari dinas terkait peternakan jika ingin melakukan penyembelihan secara mandiri,” terang Khofifah.

Terimakasih sudah membaca artikel Total Ada 439 Ribu Hewan Ternak yang Dikurbankan Hari Ini Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.