Tunggu Bantuan, Total Sudah 5 Ribu di Gresik Terjangkit PMK

Artikel Tunggu Bantuan, Total Sudah 5 Ribu di Gresik Terjangkit PMK di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Data dari dinas pertanian, penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Gresik sudah menyerang 5 ribu hewan ternak. Baik sapi maupun kambing. Tidak sedikit dari jumlah ternak yang terpapar itu sampai mati hingga potong paksa. Namun, sejauh ini kabar bantuan jaring pengaman masih gelap.

Sejak PMK mulai mewabah beberapa bulan lalu, pemerintah menjanjikan akan memberikan jaring pengaman untuk sapi yang mati. Nilainya, Rp 10 juta. Toh, hingga sekarang para peternak mengaku belum menerima uang bantuan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Gresik Eko Anindito Putro mengatakan, memang sejak awal pihaknya berencana mengalokasikan anggaran untuk jaring pengaman ternak yang terpapar PMK. Nilainya Rp 10 juta.

Namun, lanjut dia, saat ini jaring pengaman tersebut dianggarkan pemerintah pusat melalui Kementerian terkait. “Kemarin kami menerima surat dari satgas PMK akan diberikan semacam kompensasi,” ucapnya.

Meski sudah ada surat dari pusat, Eko belum berani merinci lebih jauh soal bantuan jaring pengaman ternak tersebut. Yang pasti, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaannya. Dia menyebut, kompensasi yang akan diberikan oleh pemerintah pusat itu tidak langsung dipukul rata. Namun, sesuai usia dan bobot ternak. ’’Nah untuk perhitungannya kami masih menunggu juknisnya,” imbuhnya.

Eko mengungkapkan, saat ini total sudah ada sekitar 5 ribu ternak di Gresik yang terpapar PMK. Dari jumlah itu, sebanyak 2.700 ekor ternak sudah dinyatakan sembuh. Dia pun berharap, angka kesembuhan itu segera mengalami kenaikan hingga 70-80 persen. “Sejauh ini, dari data baru 55 persen ternak yang sembuh. Untuk jaring pengaman dari APBD, nanti kami kaji lebih dulu agar tidak dobel anggaran,” pungkasnya.

Terimakasih sudah membaca artikel Tunggu Bantuan, Total Sudah 5 Ribu di Gresik Terjangkit PMK Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.