Datang ke Gresik Lagi, Ini Agenda Kunjungan Presiden Jokowi

Artikel Datang ke Gresik Lagi, Ini Agenda Kunjungan Presiden Jokowi di ambil dari berbagai sumber di internet , dengan tujuan untuk ikut berperan aktif berbagi informasi yang bermanfaat kepada orang banyak , Selamat membaca

JawaPos.com- Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan kembali datang ke Kabupaten Gresik, Senin (22/8). Kunjungan itu untuk meresmikan food estate mangga pertama di Indonesia. Yakni, di wilayah Kecamatan Panceng. Presiden juga direncanakan memberi bantuan alat pertanian kepada kelompok tani.

Untuk persiapan kunjungan Presiden tersebut, Sabtu (20/8) siang Komandan Korem (Danrem) 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama melakukan gladi rangkaian kegiatan. Selain itu, memastikan langsung kesiapan sarana dan prasarana di lokasi food estate mangga tersebut.

Kedatangan Danrem 084/Bhasakara Jaya di wilayah Kecamatan Panseng itu langsung disambut Dandim 0817/Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar. IKut mendampingi Direktur PT Galasari Gunung Sejahtera (GGS) dan CEO PT Polowijo Gosari Deddy Harnoko Sucahyo.

’’Bapak Danrem 084/Bhaskara Jaya ingin memastikan secara langsung situasi dan kondisi wilayah yang nanti dilalui serta lokasi yang akan dikunjungi Presiden RI. Dengan harapan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,’’ kata Dandim.

Potensi pengembangan good estate mangga di wilayah Kecamatan Panceng itu merupakan rintisan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura. Program ini sekaligus menjadi tindak lanjut arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada pertemuan G20 di Italia beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, pada Mei 2022 lalu, Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto juga sudah berkunjung ke Gresik. Saat itu, dia menyebut food estate mangga di Gresik mulai dikembangkan tahun ini. Ditargetkan dapat mencakup kawasan mangga seluas 1.000 hektare. Baik berupa intensifikasi maupun perluasan areal baru.

Model yang dikembangkan berupa kemitraan antara kelompok tani dengan pelaku usaha (off taker). Substansi food estate mangga itu berupa penataan kawasan produksi dan pemasaran melalui skema kemitraan close-loop. Selain menjadi solusi bagi petani, konsep itu juga mendorong daya saing mangga nasional.

Dalam kunjungan ke lokasi yang dikelola kelompok tani dan PT GGS, anak perusahaan PT Polowijo Gosari, saat itu Prihasto juga mengatakan, pihaknya akan mendorong pengembangan varietas mangga unggulan yang berorientasi ekspor.

Desain tanamnya dilakukan dengan model klaster. Dengan begitu lebih tertata. Juga, memudahkan petani melakukan proses panen dan pascapanen.

Sementara itu, pola tanam bisa dilakukan dengan integrated farming antara komoditas utama mangga, jagung serta ternak. Pemerintah akan menyediakan fasilitas pendukung. Mulai sarana-prasarana, alat dan mesin pertanian, permodalan, serta infrastruktur pendukung lainnya.

Kementan juga akan menggelar bimbingan teknis, penyuluhan berkala, studi banding, dan pelatihan agroteknologi. Tujuannya merangsang peningkatan produksi dan mutu mangga di kawasan food estate tersebut.

Saat ini, PT GGS memiliki 500 hektare lahan dengan 200 hektare di antaranya sudah eksisting. Rencananya, ke depan juga akan dibangun agroindustri. Di antaranya pabrik olahan mangga.

Terimakasih sudah membaca artikel Datang ke Gresik Lagi, Ini Agenda Kunjungan Presiden Jokowi Sampai selesai , mudah-mudahan bisa memberi manfaat kepada anda , jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman anda semua , sekian terima kasih.